Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 07 Jun 2020 05:36 WIB

TRAVEL NEWS

Wisatawan Temukan Pesawat Tempur PD II Saat Main di Pantai

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Pesawat tempur Bristol Beaufighter TF.X
Pesawat tempur Bristol Beaufighter TF.X (Foto: CNN)
Cleethorpes -

Dua orang wisatawan menemukan pesawat Perang Dunia II saat bermain di pantai. Pesawat ini diperkirakan sudah selama 76 tahun terkubur di pasir.

Lokasi penemuannya ada di sebuah pantai kota Cleethorpes, timur laut Inggris. Diberitakan CNN, Minggu (7/6/2020) puing-puing pesawat tempur yang mereka temukan berjenis Bristol Beaufighter TF.X.

Adalah Debi Hartley (51), seorang supervisor gudang dan rekannya, Graham Holden (54), seorang pengemudi truk yang menemukan pesawat tempur yang jatuh pada PD II itu. Mereka sedang bermain di pantai bersama anjingnya, Bonnie, pada Senin lalu.

Awalnya, pasangan itu tidak menyadari puing-puing itu bekas apa. Selama 45 menit mereka menjelajahi onggokan besi tua itu dan mengambil foto sebelum mengidentifikasinya.

Setelah kembali ke rumah dan mulai meneliti foto itu, mereka menemukan tanggal di pesawat adalah momen Perang Dunia II.

Pesawat tempur Bristol Beaufighter TF.XPesawat tempur Bristol Beaufighter TF.X di Museum RAF, London (Foto: CNN)

Museum Angkatan Udara Kerajaan Inggris (RAF) di Inggris mengonfirmasi hal itu. Mereka yakin pesawat itu adalah Bristol Beaufighter TF.X, peswat baling-baling dengan nomor seri pesawat JM333, dari 254 Skuadron RAF.

Ian Thirsk, kepala koleksi Museum RAF, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pesawat itu jatuh pada 21 April 1944. Pesawat gagal terbang setelah lepas landas dari North Coates terdekat di Lincolnshire karena kedua mesin mengalami kegagalan.

"Para kru tidak terluka dan melarikan diri ke tempat yang aman," tambah Thirsk.

Debi terkejut menemukan reruntuhan pesawat yang luar biasa. Dia dan rekannya telah berkali-kali mengunjungi pantai tapi tidak ada tanda-tanda armada yang malang ini.

"Saya belum pernah melihat yang seperti ini sebelumnya dalam hidup saya. Kami mengajak anjing itu berjalan-jalan seperti biasanya dan tiba-tiba kami melihat puing-puing ini. Itu temuan yang luar biasa," kata dia.

Pesawat tempur Bristol Beaufighter TF.XPesawat tempur Bristol Beaufighter TF.X di pantai Cleethorpes (Foto: CNN)

"Selama 30 tahun pasanganku tinggal di Cleethorpes dan sering ke pantai tapi tak menemukan apapun sebelumnya," imbuh dia.

Sebelum menemukan puing-puing unik ini, dia sama sekali tak tertarik pada sejarah. Tapi, kini ia ingin tahu lebih tentang bagaimana para pilot menerbangkannya.

Air pasang di Pantai Cleethopes cukup berbahaya bagi pengunjung saat ini. Wisatawan dilarang mencari puing-puing ini jika air belum surut.

Cleethorpes Coastguard dalam unggahan terbaru di halaman Facebook-nya mengatakan bahwa minat wisatawan untuk melihat puing-puing pesawat mungkin akan meningkat. Namun, situs itu dinyatakan tak aman bagi turis dan saat ini pesawat tempur itu sudah tertutup pasir kembali.



Simak Video "Bom Perang Dunia II di Polandia Meledak"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA