Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 20 Jun 2020 21:58 WIB

TRAVEL NEWS

Kamboja Minta Uang Jaminan Rp 42,6 Juta dari Turis Asing

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
angkor wat
Kamboja meminta uang deposit kepada wisatawan asing. (Ayuk Fitri/d'Traveler)

FOKUS BERITA

New Normal Pariwisata
Jakarta -

Kamboja membuat peraturan baru untuk menyambut wisatawan saat pandemi virus Corona. Turis harus menyiapkan deposit puluhan juta.

Dikutip dari Lonely Planet oleh detikcom, Kamboja mengharuskan turis asing yang berkunjung untuk menyetor deposit sebanyak sebesar USD 3.000 atau Rp 42,6 juta. Deposit itu bisa dibayarkan secara tunai maupun kredit. Biaya itu digunakan untuk layanan pemeriksaan virus Corona.

Setelah sampai di bandara, turis harus membayar USD 5 atau sekitar Rp 70.000 untuk transportasi ke tempat pengujian. Lalu, diikuti dengan USD 100 sekitar Rp 1,4 juta untuk melakukan tes virus Corona.


Tak sampai di situ, pengunjung harus menginap semalam di hotel yang sudah ditentukan hingga hasil tes keluar dengan harga kamar USD 30 sekitar Rp 400.000. Mereka juga harus mengeluarkan biaya USD 30 untuk tiga kali makan.

Sisa uang jaminan akan dikembalikan asalkan penumpang dan orang-orang dalam penerbangan mereka memiliki hasil tes negatif. Tapi, meskipun hasil tes negatif, turis harus melakukan karantina mandiri selama 14 hari setelah kedatangan di tempat pilihan mereka.

Nah, jika pengunjung dinyatakan positif Corona turis bisa mengeluarkan uang lebih banyak, mereka harus membayar biaya $ 3.150 atau sekitar Rp 44 juta untuk perawatan di Rumah Sakit Persahabatan Khmer-Soviet di Phnom Penh. Mereka akan diminta mengambil empat tes lagi dengan biaya masing-masing $100.

Sedangkan jika ada satu penumpang yang positif Corona, semua orang di dalam penerbangan harus dikarantina selama dua minggu di tempat yang telah ditentukan. Mereka harus mengeluarkan biaya sebesar USD 1176 sekitar Rp 16 juta dan melakukan tes kedua sebesar USD 100.



Kalau pengunjung meninggal dunia akibat virus Corona, ada biaya layanan kremasi seharga $1500 atau sekitar 21 juta.

Wisata yang populer di Kamboja bagi kalangan backpacker ialah kuil-kuil Angkor Wat yang juga terdaftar di UNESCO. Hingga kini, Kamboja hanya mencatat 128 kasus Corona dan nol kematian. Untuk itu, negara ini memberlakukan peraturan yang sangat ketat bagi turis asing yang datang.



Simak Video "Ada Aksi Tolak Tes Corona di Bali, Doni Monardo: Mereka Akan Dipanggil"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)

FOKUS BERITA

New Normal Pariwisata
BERITA TERKAIT
BACA JUGA