Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 21 Jun 2020 21:46 WIB

TRAVEL NEWS

Masjid di Mekah Mulai Dibuka Kembali, Bagaimana Nasib Umrah?

Puti Yasmin
detikTravel
Haji: Arab Saudi longgarkan lockdown, namun ibadah haji kecil kemungkinannya tahun ini, di Saudi belum ada persiapan sama sekali
Foto: BBC /Masjid di Mekah Mulai Dibuka Kembali, Bagaimana Nasib Umrah?
Jakarta -

Pemerintah Arab Saudi telah membuka kembali masjid-masjid di kota Mekah pada hari ini, Minggu (21/6/2020). Sebelumnya masjid ditutup tiga bulan lamanya untuk mencegah penyebaran virus corona di kota tersebut.

"Masjid-masjid di kota suci akan mulai membuka kembali pintu-pintu mereka bagi umat pada Minggu (21/6) waktu setempat, setelah penutupan selama tiga bulan akibat pandemi virus Corona," bunyi laporan televisi Al-Ekhbariya dikutip dari AFP.

Lantas, bagaimana nasib umrah?

Dikutip dari Twitter pengurus Masjid Nabawi dan Masjidil Haram @HaramainInfo, Kementerian Dalam Negeri masih menangguhkan ritual ibadah umrah dan penerbangan internasional sampai batas waktu yang belum ditentukan.

"Berita Umrah: Kementerian Dalam Negeri baru saja mengumumkan hal berikut: 'Ibadah Umrah dan penerbangan internasional tetap ditangguhkan sampai pemberitahuan lebih lanjut'," tweet akun tersebut dikutip detikcom.

Selain itu, pemerintah juga mencabut jam malam di seluruh kota, termasuk Mekah dan Jeddah per hari ini. Sebelumnya, masyarakat hanya diizinkan untuk keluar rumah bila ada keperluan yang mendesak.

Keputusan itu diumumkan sebelum dimulai pelaksanaan ibadah haji, ibadah yang akan diadakan pada akhir Juli. Namun soal haji ini pihak berwenang belum mengumumkan apakah akan melanjutkan atau dibatalkan. Pemerintah Indonesia sendiri sudah membatalkan ibadah haji untuk tahun ini.

Sebagai informasi, pandemi virus corona membuat Pemerintah Arab Saudi mengambil tindakan tegas dengan menangguhkan ibadah umrah untuk sementara waktu. Sementara itu, kelanjutan ibadah haji tahun ini belum diputuskan.

Mengutip situs pemantau virus Corona di dunia, situs John Hopkins Coronavirus Resources Center, virus Corona di Arab Saudi sudah mencapai 157.612 orang. Dengan angka kematian mencapai 1.267 orang.



Simak Video "Ini Hitung-hitungan Total Jemaah Umrah yang Batal Berangkat ke Saudi"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA