Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 30 Jun 2020 20:17 WIB

TRAVEL NEWS

Wisata Bahari Gili Ketapang Matangkan Protokol Kesehatan

M. Rofiq
detikTravel
Wisata Bahari Snorkeling di Pulau Gili Ketapang Probolinggo
Wisata Bahari Snorkeling di Pulau Gili Ketapang Probolinggo (M Rofiq/detikTravel)
Probolinggo -

Selain Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo memiliki Wisata Bahari Snorkeling di Pulau Gili Ketapang. Pengelola sedang mematangkan sarana dan prasarana new normal pariwisata.

Pulau Gili Ketapang terletak di utara Pelabuhan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo, Jawa Timur itu menawarkan pemandangan bawah laut dengan terumbu karang dan berbagai jenis ikannya terbaik di Jawa Timur. Wisata Bahari Snorkling yang berada di Pulau Gili Ketapang, di Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo tutup selama tiga bulan.

Padahal, di sana ada 16 operator atau pengelola snorkeling. Mereka betul-betul beristirahat selama area wisata ditutup.

Hingga saat ini, belum ada kepastian waktu objek wisata itu kembali dibuka. Tapi, operator wisata itu mulai menggeliat dengan mematangkan new normal pariwisata dengan menyiapkan sarana dan prasarana jika sewaktu-waktu surat edaran wisata kembali dibuka dari pemerintah sudah sampai ke pengelola.

Protokol kesehatan untuk wisatawan sudah disiapkan, mulai memakai masker, membawa hand sanitizer, dan wajib ada surat keterangan sehat serta pengecekan suhu tubuh.

Adapun protokol kesehatan untuk guide, wajib memakai masker dan face shield, memakai sarung tangan selama melayani tamu. Juga, menyediakan cuci tangan sebelum penyeberangan di rest area dan titik-titik masuk ke Pulau Gili Ketapang.

Menurut Nur Jaelani, salah satu pengelola atau operator snorkeling, total ada 16 pengelola Wisata Bahari Snorkeling di Pulau Gili Ketapang itu, setiap pengelola ada lima sampai 10 guide. Saat snorkeling ini mereka kembali sebagai nelayan.

"Kami sudah siap untuk buka kembali wisata Snorkeling Pulau Gili Ketapang, kami bersama operator lain sudah siapkan patuhi sesuai protokol kesehatan, mulai dari wastafel dan physical distancing, ada 16 operator wisata Snorkeling, namun semua saat ditutup kembali ke profesi awal, sebagai nelayan," ujar Nur Jaelani saat ditemui.

Diharapkan menghadapi new normal life ini, pemerintah segera membuka kembali tempat wisata di Kabupaten Probolinggo, salah satunya Wisata Bahari Snorkeling Pulai Gili Ketapang.



Simak Video "Telaga Ngebet di Wisata Mloko Sewu yang Menenangkan"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA