Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 12 Jul 2020 05:06 WIB

TRAVEL NEWS

Turis Korea Utara Bisa Liburan ke Luar Negeri Nggak Sih?

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Passengers wearing masks as a precaution against a new coronavirus line up to check in for a flight to Vladivostok, Russia, at the Pyongyang International Airport in Pyongyang, North Korea, Monday, March 9, 2020. (AP Photo/Jon Chol Jin)
Warga Korea Utara di Bandara Pyongyang (AP Photo/Jon Chol Jin)
Pyongyang -

Dunia melihat Korea Utara sebagai negara yang tertutup. Liburan ke sana terkenal sulit, tapi bagaimana kalau warganya ingin liburan ke luar negeri?

Walau disebut tengah membuka diri untuk pariwisata dunia, nyatanya ada banyak pertanyaan soal Korea Utara yang belum terjawab. Dikenal sebagai negara komunis, Korea Utara memang diliputi oleh misteri.

Di luar dari syarat dan aturan ketat untuk berlibur ki Korea Utara, tak sedikit juga yang bertanya perihal warganya. Soalnya, mungkin traveler sendiri tak pernah atau jarang sekali bersinggungan dengan warga Korea Utara di luar negaranya.

Menjawab hal itu, operator tur Young Pioneer Tours yang rutin membawa turis masuk Korea Utara memberikan jawaban dari pertanyaan itu di blog mereka. Dilihat detikcom dari blog mereka, Minggu (12/7/2020) ternyata warga Korea Utara bisa kok liburan ke luar negeri.

"Seperti di negara eks Soviet, sosialis atau negara blok Timur, orang Korea Utara bisa bepergian ke luar negeri dengan izin dari Pemerintah," jawab Young Pioneer Tours.

Mereka pun mengatakan, pemandangan warga Korea Utara yang berada di Stasiun Dandong (China) atau tengah check-in di pesawat maskapai Air Koryo di Terminal 2 Bandara Internasional Beijing adalah hal lumrah.

"Malah, tak jarang di antara mereka yang pulang ke negaranya sambil membawa oleh-oleh dari negara lain," ujar Young Pioneer Tours.

Ilustrasi Pyongyang.Ilustrasi Pyongyang (Ed Jones/AFP/Getty Images)

Faktanya, Korea Utara punya 60 kantor perwakilan di seluruh dunia yang dioperasikan oleh anggota konsuler Korea Utara. Perwakilan Korea Utara pun ada di sejumlah negara seperti Inggris, Jerman, Italia, Spanyol, Singapura, Thailand dan China.

Adapun, alasan utama orang Korea Utara bepergian ke luar negeri adalah untuk urusan bisnis, perdagangan atau kuliah. Untuk urusan liburan ke luar negeri, orang Korea Utara ternyata kurang suka.

"Tidak umum untuk orang Korea Utara pergi ke luar negeri untuk urusan liburan. Cuma tidak berarti kalau orang Korea Utara pergi ke luar negeri untuk urusan pekerjaan atau kuliah tidak meluangkan waktu untuk liburan," sebut Young Pioneer Tours.

Kadang ada kalanya, pihak institusi pengundang atau empunya event menyelipkan program wisata di tengah acara. Inilah momen yang dipergunakan orang Korea Utara untuk berlibur.

"Contohnya beberapa rekanan kami yang menghadiri konferensi pariwisata di Hanoi, Vietnam, beberapa tahun silam. Mereka sangat antusias menunjukkan foto dari atas kapal boat yang di ambil di Halong Bay di akhir konferensi," jelas Young Pioneer Tours.

Disebut kurang suka wisata ke luar negeri, warga Korea Utara cukup punya minat tinggi untuk liburan di dalam negeri. Tentu bukan rahasia umum, kalau pemimpin tertinggi Kim Jong Un tengah membangun pariwisata dalam negerinya.

"Beberapa tempat liburan populer dalam negeri untuk orang Korea Utara adalah resor ski Maskikryong, Pantai Wonsan, Pegunungan Kumgangsan, Pegunungan Chilbosan dan tentu saja Gunung Suci Paektu," tutup Young Pioneer Tours.

Pernyataan dari Young Pioneer Tours pun sekiranya cukup menjelaskan. Hanya saja, warga Korea Utara memang sulit untuk ditemui di luar negeri. Kecuali Anda liburan ke destinasi di China dan Rusia yang cukup populer di kalangan warga Korea Utara.



Simak Video "Situasi di Korea Utara di Tengah Isu Kesehatan Kim Jong-un"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA