Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 18 Jul 2020 13:30 WIB

TRAVEL NEWS

Cuma Butuh Satu Tiket untuk Nikmati Candi Mendut dan Pawon

Eko Susanto
detikTravel
candi mendut
Foto: (Eko Susanto/detikcom)
Magelang -

Cara asyik main di dua candi populer di Magelang ini dengan tiket terusan. Kamu bisa menikmati kedua candi ini yakni Candi Mendut dan Pawon dalam satu tiket.

Tak jauh dari Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jateng, ada dua bangunan candi. Bangunan kedua candi ini yakni Candi Mendut dan Pawon. Untuk tiket masuk sangat terjangkau dengan menggunakan tiket terusan.

Dua daya tarik wisata yakni Candi Mendut dan Pawon ini dikelola Pemkab Magelang. Untuk kunjungan wisatawan saat ini masih dibatasi di halaman candi dan tidak boleh naik candi. Dibukanya kembali dua daya tarik wisata ini dengan menerapkan protokol kesehatan.

candi mendutWisatawan di Candi Mendut Foto: (Eko Susanto/detikcom)

Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso mengatakan, daya tarik wisata (DTW) sudah mulai buka kembali per tanggal 8 Juli 2020. Pembukaan kembali ini sesuai izin dari Bupati Magelang Nomor 100/2/20/01.01/2020 bahwa zona 1 Candi Borobudur, Mendut dan Pawon diizinkan dibuka dengan wajib mematuhi tujuh prinsip dasar persiapan menuju tatanan kenormalan baru.

"Untuk Candi Mendut dan Pawon sudah buka per tanggal 8 Juli 2020. Selama uji coba ini dilakukan pembatasan dan menerapkan protokol kesehatan," kata Iwan kepada wartawan, Jumat (17/7/2020).

Adapun wisatawan yang berkunjung di Candi Mendut dan Pawon, pertama wajib memakai masker. Kemudian, setelah sampai cuci tangan dengan sabun, kemudian dilakukan pengecekan suhu tubuh dan baru membeli tiket masuk. Pada saat ini pengunjung tidak boleh naik candi.

"Cuci tangan, baru diukur suhu, baru beli tiket. Artinya di beli tiket itu sudah bersih. Sementara itu (halaman) karena kewenangannya ada di BKB. Karena dengan pertimbangan, kemarin itu kan memang untuk menjaga kelestariannya termasuk karena kemarin kan ada erupsi Merapi. Itu barangkali memang masih ada syarat-syarat tertentu yang dipenuhi di candi. Borobudur juga sama belum boleh naik. Di Pawon juga," katanya.

candi mendut Foto: (Eko Susanto/detikcom)

Untuk tiket masuk ini beli di Candi Mendut, nantinya wisatawan bisa langsung menikmati Candi Pawon. Demikian sebaliknya beli di Candi Pawon, tiket masuk bisa langsung dipakai di Candi Mendut.

"Lho, Mendut dan Pawon jadi satu belinya. Jadi kalau beli di Mendut, bisa dipakai di Pawon. Beli di Pawon bisa dipakai di Mendut, terusan. Jadi kalau beli di Pawon, dapat juga di Mendut. Kalau beli di Mendut, bisa dipakai di Pawon. Turis mancanegara Rp 20.500, domestik Rp 10.000 plus asuransi Rp 500," ujarnya.



Simak Video "Berkat Medsos, Kakek asal Magelang Ditemukan Usai 30 Tahun Hilang"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA