Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 19 Jul 2020 18:10 WIB

TRAVEL NEWS

12 Tahun Kering, Air Danau Ini Tiba-tiba Muncul Lagi

Putu Intan
detikTravel
Mountain Lake
Foto: Danau yang kering mendadak berair lagi (CNN)
Virginia -

Air di Danau Mountain tiba-tiba muncul lagi setelah sebelumnya danau itu kering selama 12 tahun. Ada apa gerangan?

Traveler yang pernah menonton film Dirty Dancing yang rilis pada 1987 tentu ingat dengan Danau Mountain. Ya, danau yang terletak di Pembroke, Virginia itu menjadi latar dari film romansa yang dibintangi Patrick Swayze dan Jennifer Grey.

Jika traveler mampir ke sana, dapat terlihat kabin tempat Baby dan keluarganya tinggal. Di sana juga ada gazebo yang digunakan pengunjung untuk belajar menari.

Dilansir dari CNN, Rabu (15/7/2020) sejak dijadikan lokasi syuting pada akhir 80-an, kondisi Danau Mountain ini sempat beberapa kali berubah. Debit air danau itu menurun pada 1999. Tapi air itu kembali lai pada 2003.

Kemudian pada 2006, air danau ini surut kembali. Hingga akhirnya pada 2008, danau itu benar-benar kering.

Mountain LakeMountain Lake. Foto: CNN

Uniknya, dalam beberapa minggu terakhir, pegawai di Danau Mountain melihat air di danau itu muncul kembali. Peristiwa ini terjadi setelah musim semi.

"Ini sekitar sepertiga penuh sekarang dan tampaknya masih berlanjut," kata General Manager Danau Mountain Heidi Stone.

"Ini sangat menyenangkan. Para tamu menjadi bersemangat karena selama bertahun-tahun danau ini sudah kering dan lebih mirip padang rumput. Ini paling cantik ketika terisi air," Stone melanjutkan.

Menurut para ilmuwan, fenomena air danau yang surut kemudian terisi kembali menjadikan Danau Mountain semakin unik. "Danau Mountain benar-benar unik, tidak hanya di Appalachia tetapi di seluruh dunia," kata profesor Roanoke College, Jon Cawley.

Cawley menjelaskan setelah mempelajari danau, ia dan ilmuwan lain menemukan bahwa danau tersebut mencapai debit terendah setiap 400 tahun.

"Ketika danau mengering dan benar-benar kosong, itu artinya ia sedang membersihkan dirinya sendiri dengan memindahkan sedimen yang terkumpul di dasar danau ke bawah melalui sistem pipa yang agak rumit, untuk membuat danau lebih besar, lebih dalam, dan mempertahankannya tetap bersih," kata Cawley.

Wisatawan harus menunggu untuk dapat melihat danau ini terisi penuh. Tetapi Stone mengatakan, meskipun danau ini kering, aktivitas wisata masih dapat dilakukan. Seperti paket wisata akhir pekan bertema Dirty Dancing termasuk pesta dansa.



Simak Video "Pesona Danau Linow, Tomohon"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA