Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 24 Jul 2020 13:02 WIB

TRAVEL NEWS

Live Streaming Sholat Jumat Perdana di Hagia Sophia

Pengadilan Turki menyetujui fungsi bangunan Hagia Sophia diubah dari museum menjadi masjid. Umat Islam di Turki dapat melangsungkan salat mulai 24 Juli 2020.
Hagia Sophia Foto: Getty Images
Istanbul -

Hagia Sophia sebentar lagi akan menggelar Sholat Jumat perdana setelah 86 tahun. Momen ini pun dinantikan oleh umat Islam sedunia.

Dikutip dari AA oleh detikcom, Jumat (24/7/2020), pembukaan Hagia Sophia menjadi masjid disambut dengan antusias oleh warga Afrika Selatan. Menurut Wakil kepala Yayasan Awqaf Afrika Selatan, Mickael Collier, negara ini akan menyiarkan sholat Jumat pertama secara langsung lewat siaran televisi dan radio.

"24 Juli sangat penting bagi umat islam, karena Masjid Hagia Sophia akan dibuka untuk beribadah setelah 86 tahun," kata Mickael Collier.

Saluran-saluran yang akan menyiarkan momen berharga itu adalah ITV, Salaam Media, CII International Radio 786, Voice of the Cape, Radio Islam dan Radio Al Ansaar. Siaran akan berlangsung pada jam 12 waktu setempat.

Hagia Sophia diresmikan menjadi masjid pada 10 Juli lalu dan menggelar Sholat Jumat perdananya pada Jumat (24/7). Bangunan bersejarah ini sebelumnya merupakan museum yang menjadi salah satu tujuan wisata utama Turki untuk pengunjung domestik dan asing.

Selama menjadi museum yang diresmikan pada 1985, Hagia Sophia masuk ke daftar Warisan Dunia (UNESCO). Gedung ikonik Turki ini pada pertama kali pembangunan adalah sebuah gereja yang berdiri selama 916 tahun sampai penaklukan Istanbul dan menjadi masjid pada 1453 hingga 1934.

Di era baru Hagia Sophia, Direktorat Urusan Agama Turki akan mengawasi layanan keagamaan di masjid, sementara Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata akan mengawasi pekerjaan restorasi dan konservasi.

Hagia Sophia juga akan tetap terbuka untuk wisatawan muslim maupun non muslim. Karena statusnya telah berubah menjadi masjid, maka aksesnya pun tak dipungut biaya alias gratis.



Simak Video "Pelataran Hagia Sophia Dipenuhi Jemaah Jelang Salat Jumat Perdana"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA