Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 24 Jul 2020 14:08 WIB

TRAVEL NEWS

Sholat Jumat di Hagia Sophia: Dihadiri 1.000 Jamaah dan Erdogan

Rizka Elfira
detikTravel
Setelah 86 tahun berfungsi sebagai museum, Hagia Sophia di Turki akan berubah menjadi masjid mulai hari ini. Salat Jumat pertama pun akan digelar siang ini, waktu setempat.
Foto: Getty Images
Istanbul -

Hagia Sophia akan menggelar sholat Jumat untuk kali pertama setelah dialihfungsikan menjadi masjid siang ini. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan akan ambil bagian.

Pengadilan Tinggi Turki mencabut status monumen abad keenam itu sebagai museum pada 10 Juli 2020. Kemudian, Erdogan memerintahkan agar Hagia Sophia itu dibuka kembali sebagai masjid.

Setelah diputuskan menjadi masjid sejumlah logo dan gambar nonmuslim yang terdapat di dalam Hagia Sophia, khususnya arah kiblat akan ditutup dengan tirai. Sementara itu, mosaik atau ikon nonmuslim lain dianggap tidak bermasalah karena tidak terletak searah dengan kiblat.

Keputusan Erdogan itu menimbulkan pro dan kontra. Komunitas Kristen dan dunia barat merespons negatif keputusan itu, namun negara dengan penduduk mayoritas Islam sebagian mendukungnya.

Situs Warisan Dunia UNESCO di Istanbul Hagia Sophia itu dibangun sebagai katedral di Kekaisaran Bizantium Kristen tetapi diubah menjadi masjid setelah penaklukan Ottoman atas Konstantinopel pada tahun 1453.

Kemudian, Dewan Negara, pengadilan administratif tertinggi, dengan suara bulat membatalkan keputusan tahun 1934 yang dibuat oleh pendiri modern Turki Mustafa Kemal Ataturk. Bangunan itu difungsikan sebagai museum. Sebagai museum, bangunan itu dikunjungi sekitar 3,8 juta wisatawan tahun lalu.

Nah, setelah diubah menjadi masjid, Sophia Hagia bakal menggelar sholat Jumat pertama hari ini, (24/7/2020). Kepala direktorat urusan agama Turki, Ali Erbas, memperkirakan sekitar 1.000 orang akan mengikuti sholat Jumat. Sebelum sholat Jumat akan dilakukan resital Alquran lebih dahulu.

Selain dihadiri Erdogan, AFP juga melaporkan menjelang sholat Jumat itu, Turki mengundang petinggi negara tetangga. Di antaranya, Qatar dan Azerbaijan. Nantinya, sholat Jumat di Masjid Hagia Sophia dijaga oleh hampir 20.000 orang untuk memastikan agar tak ada insiden pada momen itu.



Simak Video "Ubah Hagia Sophia Jadi Masjid, Erdogan: Hak Kedaulatan Turki"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA