Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 24 Jul 2020 16:03 WIB

TRAVEL NEWS

Turki Tunjuk 3 Imam Hagia Sophia

Putu Intan
detikTravel
Setelah 86 tahun berfungsi sebagai museum, Hagia Sophia di Turki akan berubah menjadi masjid mulai hari ini. Salat Jumat pertama pun akan digelar siang ini, waktu setempat.
Hagia Sophia. (Foto: Getty Images)
Istanbul -

Turki menunjuk tiga imam untuk memimpin sholat di Hagia Sophia. Salah satunya adalah profesor studi agama.

Dilaporkan Associated Press, Jumat (24/7/2020) Kepala Otoritas Agama Turki, Ali Erbas, menunjuk Mehmet Boynukalin, Ferruh Mustuer dan Bunjamin Topcuoglu sebagai imam yang akan memimpin sholat tersebut.

Mehmet Boynukalin adalah seorang profesor hukum Islam di Universitas Marmara Istanbul. Sementara Ferruh Mustuer dan Bunjamin Topcuoglu adalah imam dari dua masjid Istanbul lainnya.

Selain itu Erbas juga menunjuk lima muazin, dimana dua di antaranya berasal dari Masjid Biru Istanbul yang terkenal.

Pada pelaksanaan sholat Jumat itu, pihak berwenang telah menyiapkan area terpisah di luar Hagia Sophia untuk pria dan wanita. Lalu mereka juga mengerahkan 17.000 personel keamanan untuk menjaga jalannya sholat.

Pada hari Kamis (23/7) Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan melakukan kunjungan mendadak ke Hagia Sophia. Ia memeriksa persiapan akhir di struktur bangunan, termasuk pemasangan tanda di pintu masuk 'Masjid Agung Hagia Sophia'.

Sebelumnya Erdogan mengumumkan perubahan fungsi Hagia Sophia. Bangunan ini diketahui dulunya adalah katedral Bizantium.

Lalu setelah Konstantinopel ditaklukan oleh Sultan Ottoman Mehmed II, bangunan itu diubah menjadi masjid pada 1453. Kemudian presiden pertama Turki Mustafa Kemal Ataturk mengubahnya menjadi museum pada 1934.

Erdogan mengeluarkan dekrit untuk memulihkan bangunan itu menjadi masjid. Ini dilakukan setelah pengadilan tinggi Turki memutuskan bahwa Hagia Sophia telah secara ilegal dijadikan museum selama lebih dari delapan dekade lalu. Langkah itu sempat mendapat kecaman dari negara lain, termasuk Yunani, Amerika Serikat, Uni Eropa dan para pemimpin gereja Kristen.

Saat berita ini dibuat, masyarakat Turki sudah mulai memadati Hagia Sophia untuk melakukan sholat Jumat, bahkan sampai meleber ke luar Hagia Sophia.



Simak Video "Pelataran Hagia Sophia Dipenuhi Jemaah Jelang Salat Jumat Perdana"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA