Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 26 Jul 2020 20:10 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Asal-usul Ayam, Pertama Kali Menyeberang Jalan di Asia Tenggara

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Ayam bersama peneliti Ming-Shan Wang
Ayam bersama peneliti Ming-Shan Wang (Foto: CNN)
Jakarta -

Ayam pertama yang 'menyeberang jalan' kemungkinan ada di Asia Tenggara. Kejadian ini diungkap dalam penelitian terbaru.

Dalam pemberitaan CNN, prevalensi ayam melebihi jumlah burung lain di planet ini, sekitar 23 miliar di seluruh dunia. Selama berabad-abad ilmuwan telah berjuang untuk menentukan dengan tepat di mana mereka berasal dan bagaimana mereka dijinakkan.

Studi sebelumnya menunjukkan bahwa ayam dijinakkan di China utara selama era Neolitik sekitar 8050 SM atau di Peradaban Lembah Indus sekitar 2000 SM. Wilayah itu kini menjadi Pakistan dan India barat laut.

Penelitian terbaru mengenai ayam ini diterbitkan dalam jurnal Cell Research. Penemuan ini bertentangan dengan penemuan sebelumnya.

Para ilmuwan menganalisis 863 genom dari sampel ayam di seluruh dunia. Mereka menemukan bahwa ayam modern saat ini adalah keturunan dari ayam purba yang hidup di wilayah yang kini bernama Myanmar, Laos, Thailand, dan China barat daya.

"Asal ayam adalah pertanyaan penting untuk memahami bagaimana mereka dijinakkan," kata rekan penulis studi ini, Ming-Shan Wang, seorang peneliti pascadoktoral di Paleogenomics Lab, Universitas Santa Cruz California.

Penelitian sebelumnya masih terbatas, kata Wang. Karena studi ini didasarkan pada informasi genetik dari DNA mitokondria atau data genom yang langka dari ayam komersial.

Dia menambahkan bahwa studi sebelumnya terbatas pada jumlah sampel dan buruknya sampel burung atau unggas di hutan. Ayam hutan berada dalam genus yang sama dengan ayam peliharaan, itu membuatnya sulit untuk mengklarifikasi spesies yang berbeda.

"Hasil dari kami memberikan wawasan baru tentang sejarah evolusi ayam, memfasilitasi pemahaman yang lebih baik tentang sejarah manusia dan spesies lain di wilayah tersebut," katanya.

Ayam modern paling erat kaitannya dengan subspesies unggas liar hutan berwarna merah, gallus gallus spadiceus. Saat ini, sebagian besar dari mereka hidup di China barat daya, Thailand utara, dan Myanmar, menurut penemuan peneliti.

Analisis mereka menunjukkan bahwa ayam domestik terpisah dari subspesies itu sekitar 12.800 dan 6.200 tahun yang lalu. Domestikasi ayam kemungkinan terjadi setelah perbedaan tahun itu.

Penelitian ini adalah pemisahan genom terbesar yang pernah ada untuk ayam domestik dan semua spesies ayam hutan dari habitat alami mereka di seluruh dunia hingga saat ini.



Simak Video "Satwa Kontes Ayam Serama, Kediri"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA