Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 29 Jul 2020 20:23 WIB

TRAVEL NEWS

Malaysia Datangkan Robot Canggih untuk 'Bersih-bersih'

Syanti Mustika
detikTravel
robot  Alfallah Healthcare
Penampakan robot-robot pembersih (dok Alfallah Healthcare)
Genting -

Robot menjadi salah satu teknologi yang dikerahkan di tengah pandemi virus Corona. Malaysia pun mendatangkan robot pembersih yang membantu mendisinfektan tempat-tempat umum.

Semenjak adanya pandemi Corona, beragam protokol kesehatan dan kebersihan pun diperketat. Walau begitu, rasa cemas tetap mengganggu kita karena tidak yakin seberapa bersih tempat yang kita datangi atau yang berada di sekitar kita, bukan? Kekhawatiran itu muncul terutama di tempat-tempat umum dan kawasan rumah sakit.

Padahal, tempat-tempat umum bukan tak tersentuh pembersihan. Tak cuma dengan disinfektan, cara lain juga dilakukan untuk mereduksi penularan virus Corona.

Baca juga: Unik, Robot-Robot di Museum Ini Ternyata dari Logam Bekas

Dalam beberapa lokasi, mesin fogging digunakan di beberapa lokasi publik seperti bandara. Selain itu, robot dikerahkan untuk meminimalkan kemungkinan risiko penularan kepada manusia. Salah satu robot tersebut adalah Robot UVD oleh perusahaan Denmark, Blue Ocean Robotics.

robot  Alfallah HealthcareRobot Alfallah Healthcare Foto: (dok Alfallah Healthcare)

Robot pembersih ini telah digunakan di lebih dari 50 negara di Eropa dan Asia. Khusus Malaysia, robot ini didatangkan oleh Alfallah Cleantech.

"Robot UVD adalah satu-satunya sistem disinfeksi UV yang dikembangkan bersama oleh pemerintah dan rumah sakit sejak awal. Keakuratannya telah diuji oleh laboratorium independen, berbagai rumah sakit dan fasilitas serupa lainnya. Kami senang memilikinya di Malaysia!," ujar COO Alfallah Cleantech, Danny Liu, seperti yang dilansir detikcom dari World of Buzz.

Robot sudah dibawa ke KLIA (Kuala Lumpur International Airport) dan Genting Highlands untuk menunjukkan kemampuan mereka. Rencananya robot ini akan didatangkan lagi lebih banyak.

robot  Alfallah HealthcareFoto: (dok Alfallah Healthcare)

Robot UVD merupakan robot otonom yang menggunakan sinar ultraviolet (UV-C) untuk mendisinfeksi area berisiko tinggi dengan membunuh 99,99 persen patogen. Termasuk, membatasi penyebaran COVID-19 tanpa mengekspos petugas kesehatan terhadap risiko infeksi. Ini diuji secara klinis dan diverifikasi oleh laboratorium terakreditasi di Denmark & Inggris.

Robot pembersih itu bergerak sendiri, dapat diandalkan, dan menghilangkan kesalahan manusia yang menjadikannya ideal untuk mendisinfeksi daerah dengan risiko tinggi infeksi virus seperti fasilitas medis, transportasi umum (stasiun dan bengkel) dan bahkan tempat ibadah. Kerennya lagi robot ini dapat dikendalikan hanya dengan tablet!



Simak Video "Robot Pembersih Sampah, Gresik"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA