Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 31 Jul 2020 21:06 WIB

TRAVEL NEWS

31 Tahun Sendirian, Kakek di Pulau Terpencil Ini Terancam Digusur

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Mauro Morandi dan Isle of Budelli
Kakek Mauro Morandi di Isle of Budelli Italia (CNN)
Isle of Budelli -

Sepertinya, inilah akhir dari perjalanan panjang kakek Mauro Morandi di Isle of Budelli, Italia. Rumahnya yang berupa gubug reyot di pulau di laut Mediterania akan digusur pemerintah lokal.

Sudah lebih dari 30 tahun kakek Mauro hidup sendirian di pulau itu. Diberitakan CNN, Jumat (31/7/2020) ia menginginkan pulau itu jadi tempat tinggal terakhirnya.

Ya, Mauro akan diusir bila tak mau sukarela meninggalkan Isle of Budelli. Pemerintah daerah di Italia ingin menata ulang kawasan pulau ini.

Gubug reyot milik kakek Mauro akan ditata ulang dan diubah menjadi bangunan observatorium lingkungan. Kehidupan yang bahagia miliknya akan segera berakhir.

Sebelum tinggal di Isle of Budelli, kakek Mauro merupakan seorang guru. Ia tak sengaja tiba di pulau ini ketika mencoba berlayar ke Polinesia pada 31 tahun lalu.

Lalu, ia tinggal di situ setelah melihat keindahan alam Isle of Budelli. Atol, karang, pantai dan sunset ataupun sunrise di alam yang murni jadi penyebabnya.

Kini, kakek Mauro berumur 81 tahun. Ia akan melakukan apapun agar bisa tinggal di Isle of Budelli.

Mauro Morandi dan Isle of BudelliGubug Mauro Morandi dan Isle of Budelli (Foto: CNN)

"Aku tidak tahu harus tinggal di mana lagi, tentu saja tidak kembali ke rumah di utara," kata Morandi.

Pulau rahasia atau dikenal Isle of Budelli berlokasi di dekat Sardinia di kepulauan Maddalena, Italia. Pulau ini dikenal dengan bentang alamnya yang indah.

Kakek Mauro merasa tempat tinggalnya adalah lokasi paling aman dari cengkeraman COVID-19. Meski digusur, kakek Mauro hanya ingin kembali ke Isle of Budelli, menjaga pulau itu.

Mauro Morandi dan Isle of BudelliPantai di Isle of Budelli (Foto: CNN)

Sekelompok orang membuat petisi mengenai penggusuran kakek Mauro. 2.600 dukungan dari seluruh dunia didapatnya dalam beberapa hari.

Kepemilikan pulau ini telah berubah beberapa kali selama beberapa tahun terakhir. Sejak 2015, Budelli telah dimiliki oleh Taman Nasional La Maddalena dan pengelola akan menertibkan bangunan yang ada di kawasannya.

Kakek Mauro bisa saja menjadi satpam penjaga bila nanti dibutuhkan. Namun, saat konstruksi bangunan observatorium dimulai, si kakek harus pindah terlebih dulu, dia harus pergi.

Isle of Budelli sudah seperti surga di Italia karena bebas polusi dengan perairan yang menyerupai kristal. Nasib kakek Mauro sedang dipertanyakan karena dia dianggap sebagai penghuni ilegal.



Simak Video "Italia Kembalikan Karya Seni Curian Saksi Bisu Tragedi 2015"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA