Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 03 Agu 2020 12:14 WIB

TRAVEL NEWS

Viral di Medsos, Embun Es Muncul di Semeru

Putu Intan
detikTravel
Embun Es di Ranu Pani Semeru
Embun es di Ranu Pani, Lumajang. (Foto: Instagram @thoriqul.haq)
Lumajang -

Setelah pekan lalu masyarakat Dieng dihebohkan dengan fenomena embun es, kini giliran warga sekitar Gunung Semeru yang merasakan fenomena serupa. Hal itu disampaikan Bupati Lumajang Thoriqul Haq melalui twitter, facebook, dan instagram pribadinya.

Ditengok detikcom dari akun twitter sang bupati, @thoriqul_haq, fenomena itu terjadi di Desa Ranu Pani yang terletak di lereng Semeru, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Dari jepretan foto yang diunggah Thoriqul, tampak hal itu terjadi pada 30 Juli 2020.

Pada cuitannya itu, Thoriqul menyebut suhu pagi itu mencapai minus 2 derajat celcius. Ia pun mengungkapkan keinginannya berwisata sembari menikmati pemandangan embun es di Ranu Pani.

"Pingin kemping, tidur di tenda, dan paginya ngopi sambil menikmati embun yang telah membeku jadi es," ia menuliskan dalam postingan itu.



Sampai hari ini, Senin (3/8/2020) cuitan itu telah disukai 8,6 ribu pengguna twitter dan diretweet 3,4 ribu pengguna. Ratusan komentar pun membanjiri postingan tersebut. Beberapa pengguna twitter bahkan mengungkapkan pengalaman serupa.

"Tahun lalu ini. Seneng banget liat daun kayak ditaburi es serut," kata salah satu akun sambil memposting temuan embun es pada 2019.

"2019 pernah merasakannya Pak. Pengen mengulangnya 2021. Semoga bisa," ujar pengguna lainnya.

Fenomena embun es di Semeru memang pernah terjadi pada Juni 2019. Kendati Indonesia beriklim tropis, embun tetap dapat membeku ketika suhu udara turun hingga minus derajat celcius.

Namun embun es ini berbeda dengan salju di negara sub tropis. Embun di Dieng dan Semeru berasal dari uap air yang mencair lalu membeku di darat. Sementara salju merupakan uap air yang membentuk awan lalu turun dalam bentuk titik-titik air beku.



Simak Video "Detik-detik Gunung Semeru Semburkan Awan Panas!"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA