Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 05 Agu 2020 12:03 WIB

TRAVEL NEWS

Viral Pendaki Dugem Massal, Ini Kata Kepala Balai TN Gunung Rinjani

Faruk Nickyrawi
detikTravel
Video viral pendaki dugem di Gunung Rinjani.
Foto: (screenshoot video viral @mountainesia)
Lombok Timur -

Sebuah video memperlihatkan puluhan pendaki yang berkerumun sambil berjoget di kaki Gunung Rinjani viral di media sosial. Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani pun bersuara.

Rupanya, aksi tersebut terjadi di savana Propok yang berlokasi di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), tepatnya di kaki gunung Rinjani.

Dalam video itu, terlihat puluhan pendaki berjoget bak dugem di bar caffe dengan volume musik yang keras sambil menyalakan lampu senter handphone. Video tersebut mendapat berbagai kecaman.

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR), Dedy Asriady, mengaku kejadian itu terjadi pada antara tanggal 1 atau tanggal 2 Agustus 2020 lalu.

"Itu kejadiannya malam sekitar tanggal 1 atau tanggal 2 Agustus, dari jam 9 malam hingga jam 10, cuma sejam," ungkapnya saat dihubungi detikcom, Rabu (5/8/2020).

Dedy mengatakan, aksi yang tak seharusnya terjadi di alam bebas seperti itu menjadi perhatian pihaknya. Taman Nasional Gunung Rinjani pun akan melakukan evaluasi dengan pengelolaan savana Propok yakni Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang sebelumnya mereka perdayakan. "Sejak tanggal 7 Juli dibuka hingga hari ini, insidennya cuma satu yaitu itu saja. Kita akan evaluasi dengan semua pihak," ujarnya.



Simak Video "Teriakan Gembala Pemanggil Sapi Desa Sembalun Rinjani Lombok"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA