Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 06 Agu 2020 19:18 WIB

TRAVEL NEWS

Situs Jambansari Direvitalisasi, Berpotensi Jadi Wisata Baru Ciamis

Dadang Hermansyah
detikTravel
Situs Jambansari di Ciamis.
Kawasan Situs Jambansari di Ciamis (Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis -

Keberadaan Situs Jambansari di tengah perkotaan Ciamis jadi bukti peninggalan sejarah yang istimewa. Kini tengah direvitalisasi.

Pembangunan kawasan Situs Jambansari Ciamis ini dilakukan oleh Kementerian PUPR. Anggaran yang digelontorkan mencapai Rp 9 milyar lebih. Situs Jambansari ini di bawah naungan Yayasan Koesoemadiningrat. Selain situs, revitalisasi juga dilakukan di Museum Galuh Pakuan.

Pembangunan diawali dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, Rabu (5/8/2020). Di kawasan itu akan dibangun Amphitheater atau ruang teater terbuka, pendopo sanggarseni, plaza dan ruang terbuka hijau. Selain itu dilakukan juga penataan danau sekitar situs dan penunjang lainnya.

Sedangkan di bagian Museum Galuh Pakuan, dilaksanakan pembangunan renovasi museum, renovasi pendopo dan pembangunan aula serbaguna. Pembangunan dilaksanakan di tahun ini dengan memakan waktu 5 bulan kalender.

Situs Jambansari di Ciamis.Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya (Dadang Hermansyah/detikcom)

Ketua Yayasan Koesoemadiningrat Rasich Hanif Radinal berharap, dengan terbangunnya kawasan di pusat perkotaan menjadi satu ikon kebanggaan warga Tatar Galuh Ciamis. Menjadikan kawasan ini sebagai pusat edukasi budaya dan sejarah.

"Menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata unggulan, penyaluran kreatifitas seni, edukasi budaya, edukasi sejarah dan berdampak pada peningkatan ekonomi daerah khususnya masyarakat sekitar," ujar Hanif.

Sekadar diketahui, di Situs Jambansari ini terdapat makam Bupati Galuh RAA Kusumadiningrat. Beliau dikenal sebagai Kanjeng Prebu sebagai penerus Kerajaan Galuh.

Situs Jambansari di Ciamis.Kawasan ini direvitalisasi demi kemajuan pariwisata setempat (Dadang Hermansyah/detikcom)

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jabar, Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Ferico Asya Yogananta mengatakan, meski di masa pandemi COVID-19, pemerintah masih tetap berkomitmen mendukung kegiatan pembangunan daerah.

"Dengan kegiatan infrastruktur di Museum Galuh Pakuan dan Situs Jambansari, diharapkan bisa menjadi pemantik ekonomi bagi masyarakat Ciamis," kata Ferico.

Ferico mengatakan untuk lanskap Situs Jambansari ini dibangun track jalan kaki, tempat teater terbuka, gazebo, bangunan terbuka, plaza dan pengaspalan jalan. Juga pembangunan galeri UKM untuk mengangkat ekonomi mikro di sekitar Situs Jambansari Ciamis.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengucapkan terimakasih kepada Kementerian PUPR yang telah membangun kawasan Situs Jambansari. Ke depan diharapkan dapat bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian Ciamis.

"Dengan dibangunnya Situs Jambansari berharap memanfaatkan tenaga kerja Ciamis. Gunakan orang Ciamis. Paling tidak membantu perekonomiannya. Diharapkan pembangunan selesai dan dituntaskan," pungkasnya.



Simak Video "Mitos Dusun Cariu Ciamis: Gelar Wayang Kena Malapetaka"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA