Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 07 Agu 2020 21:30 WIB

TRAVEL NEWS

5 Destinasi Super Prioritas Siap Rebound Pasca COVID-19

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Wisatawan mengunjungi kompleks Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan di Sleman, DI Yogyakarta, Rabu (1/7/2020). PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko membuka kembali kunjungan wisata Candi Prambanan pada Rabu (1/7/2020) dengan menerapkan protokol kesehatan ketat serta pembatasan jumlah pengunjung setelah tutup selama tiga bulan akibat pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/aww.
Foto: Ilustrasi (Antara Foto/Hendra Nurdiyansyah)
Jakarta -

5 Destinasi Super Prioritas yang sudah ditetapkan pemerintah siap untuk melakukan rebound pasca wabah COVID-19. Beberapa langkah sudah dilakukan. Apa saja?

Sektor pariwisata Indonesia tak mau lama-lama terpuruk gara-gara wabah COVID-19. 5 Destinasi Super Prioritas pun bersiap untuk rebound dan menyambut wisatawan.

Ada setidaknya 3 hal yang dilakukan selama untuk mempersiapkan rebound pariwisata ini, yaitu Penguatan Sapta Pesona, Revitalisasi Amenitas, serta Sosialisasi CHSE (Cleanliness, Safety, Health and Environtment) di destinasi wisata.

Hari Sungkari, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf pun memastikan agar 5 Destinasi Super Prioritas itu sudah melaksanakan protokol-protokol COVID-19.

"Nanti yang kita jual mungkin keindahan-atraksi oke, tapi yang nomer satu kita jual adalah kebersihan, kesehatan dan keamanan. Nah ini yang saya coba kasih ke daerah-daerah adalah wastafel, signage, air. Beberapa juga ada toilet dan alat safety. Saya keliling memberikan ini dan juga bersih-bersih pantai," ungkap Hari dalam acara Bincang Media via aplikasi Zoom, Jumat (7/8/2020).


Pelaksanaan untuk rebound pariwisata pun sudah dilakukan di Mandalika (15-17 Juli) dan Likupang (22-25 Juli). Sedangkan untuk di Danau Toba, Borobudur dan Labuan Bajo pelaksanaan rebound pariwisata akan dilakukan pada bulan September-November mendatang.

Selain bersiap untuk rebound, nantinya di 5 destinasi super prioritas akan dibangun Creative Hub yang akan mewadahi para pelaku usaha di bidang industri kreatif untuk memamerkan dan memasarkan produknya.

Hari menyebut pembangunan Creative Hub di 5 lokasi akan berlangsung antara tahun 2020 hingga 2021 ini. 5 Creative Hub itu adalah Creative Hub Samosir, Creative Hub Manado, Creatuve Hub Mandalika, Creative Hub Labuan Bajo dan Creative Hub Semarang.


Menurut Hari, untuk Creative Hub Labuan Bajo, progresnya sampai saat ini sudah mencapai 60%. Sementara untuk Creative Hub Semarang, masih perlu kajian lebih lanjut untuk pemilihan lokasi yaitu antara Galeri Industri Kreatif (Gedung PPI) atau Gedung Oudetrap.

"Kalau Creative Hub Samosir akan kita desain menjadi pariwisata Coffee Hub karena ada perkebunan kopi di sana. Ada kekuatan, nah itu kita angkat. Dengan waktu yang sudah pendek, minimal kalau interiornya belum bisa, kita siapkan semua peralatannya sehingga proses pembuatan kopi bisa dimunculkan. Nah, baru tahun 2021 gedung itu bisa jadi," imbuh Hari.

Untuk Creative Hub Mandalika dan Manado (Likupang), Hari berharap tahun 2021 sudah bisa selesai dikerjakan. Siapa traveler yang sudah tidak sabar mau ke 5 Destinasi Super Prioritas?



Simak Video "Menparekraf Siapkan Rp 100 M untuk Tempat Isolasi Covid-19 Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA