Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 09 Agu 2020 06:43 WIB

TRAVEL NEWS

Sepi Turis, Bulgaria Khawatir Pariwisata Tak Pulih Hingga 2022

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Pantai Sunny
Ilustrasi pantai di Bulgaria (AFP)
Sofia -

Wabah virus Corona membuat tak ada wisatawan ke Pantai Sunny di Bulgaria hingga hotel-hotelnya tutup. Pengelola khawatir pariwisata tidak pulih hingga 2022.

Dikutip dari Sun Travel News, Kepala Asosiasi Pemilik Hotel di Pantai Sunny, Plamen Kopchev malah berpendapat bahwa pariwisata pantai sebagai pemantik minat turis untuk menginap di kawasan itu telah mati. Pantai favorit di Bulgaria itu menyisakan kursi-kursi berjemur yang kosong di atas hamparan pasir. Tak ada wisatawan sama sekali.

Menurut pemilik bar pantai, Nedelin Yankov, omset mereka anjlok hingga 90% ketimbang tahun lalu. Tak banyak pengunjung yang datang ke pantai Sunny.

"Tidak ada orang asing dan pengunjung Bulgaria sedikit," Yankov mengeluhkan.

Hingga kini, Bulgaria belum dimasukkan dalam daftar aman Inggris. Itu berarti orang Inggris harus dikarantina selama dua minggu usai plesiran dari negara tersebut.

Bulgaria tak memberlakukan tes virus Corona atau isolasi diri saat wisatawan Inggris masuk. Negara itu telah membuka perbatasan sejak 16 Juli.

Untuk meningkatkan kedatangan wisatawan, pemerintah telah mennyubsidi penerbangan charter. Kopchev menuturkan kepada AFP bahwa dia membutuhkan paling tidak 100 penerbangan charter dalam sehari.

Tapi, Bandara Burgas yang menawarkan layanan ke Pantai Sunny mengalami penurunan aktivitas hingga 98 persen dalam penerbangan charter di bulan Juni, kemudian turun 87 persen pada bulan Juli dengan hanya 400 penerbangan. Padahal, mereka mengharapkan setidaknya ada 3.000 penerbangan.

Hingga kini, setengah dari 150 hotel di Pantai Sunny belum dibuka lagi. Pejabat memperingatkan bahwa hotel-hotel tersebut kemungkinan harus menutup pintu lebih awal dari biasanya saat musim turis.

"Tak seorang pun dari kami pernah membayangkan hal seperti ini menimpa kami," kata Kopchev.

Akan tetapi, dia yakin bahwa pariwisata massal belum berakhir, namun memang harus melewati periode turbulensi. Yakni, jumlah turis yang sama sebelum periode pandemi baru akan kembali setidaknya pada tahun 2022.

Awal tahun ini, pantai di Bulgaria mengumumkan rencana fasilitas dan layanan gratis bagi wisatawan. Menurut Sofia Globe, payung pantai, kursi berjemur, dan meja gratis bagi pengunjung.

Biaya rata-rata kursi berjemur harian di pantai yang populer buat wisatawan di Bulgaria biasanya dibanderol sekitar 5 euro atau sekitar Rp 87 ribu per orang.



Simak Video "Bulgaria Luncurkan Sensor Gerak Pintar Bertekologi Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA