Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 11 Agu 2020 15:36 WIB

TRAVEL NEWS

Nama dan Daftar Pelabuhan di Indonesia Lengkap, Cek di Sini

Puti Yasmin
detikTravel
Kapal SPOB Salim bersandar di Pelabuhan Semarang, Kamis (1/2/2018).
Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom/Ilustrasi Nama dan Daftar Pelabuhan di Indonesia Lengkap, Cek di Sini
Jakarta -

Indonesia memiliki kondisi geografis sebagai negara maritim dan kepulauan. Karena itu tak heran negara ini memiliki banyak pelabuhan di setiap pulaunya. Keberadaan pelabuhan tersebut sangat penting dalam hubungan perdagangan. Apa saja nama dan daftar pelabuhan di Indonesia?

Selain untuk hubungan logistik, pelabuhan juga digunakan sebagai salah satu sarana transportasi manusia untuk menuju antara pulau yang satu dengan yang lain di Nusantara.

Berikut nama-nama pelabuhan di Indonesia beserta provinsinya:

1. Nama Pelabuhan di Sulawesi

Pelabuhan Soekarno-Hatta di Makassar, Sulawesi Selatan. Kemudian ada pelabuhan Gorontalo dan Anggrek di Gorontalo. Pelabuhan Paotere, Parmatata, Tanjung Ringgit di Sulawesi Selatan. Pelabuhan Bitung di Sulawesi Utara. Kemudian Pelabuhan Donggala, di Sulawesi Tengah. Terakhir ada pelabuhan Belopa, Malili, Pare Pare, Barru, Kendari, dan Buton di pulau Sulawesi.

2. Nama Pelabuhan di Sumatera

Pelabuhan ASDP Jagoh, ASDP DOmapk, Bakong, Batam Center, Kote, Harbour Bay, Marok Tua, Telaga Punggur, dan Tarempa. Selain itu, ada juga Pelabuhan Teluk Bayur, Muara, Tanjung Pandan, Tanjung Balai, Belawan, Yoseph Iskandar, dan Krueng Geukeuh.

3. Nama Pelabuhan di Jawa

Nama pelabuhan di Semarang adalah Tanjung Mas. Ada juga pelabuhan Tanjung Intan di pulau Jawa, Guluk, Kalianget, Kalimas, Kamal, Ketapang, Tanjung Perak, Ujung, Tanjung Wangi, Cirebon, Pertiwi, dan Pramuka.

Kemudian, ada Pelabuhan Tanjung Priok dan Sunda Kelapa di Jakarta, pelabuhan Merak di Banten.

4. Nama Pelabuhan di Kalimantan

Pelabuhan Banjarmasin, Dwikora, Palangkaraya, Semayang, Malundung, Trisakti, dan Samudera.

5. Nama Pelabuhan di Bali dan Nusa Tenggara

Pelabuhan Gilimanuk di Bali. Untuk di Nusa Tenggara ada Pelabuhan Labuanbajo, pelabuhan Rinca, Pelabuhan Dermaga Pink, Pulau Molas, Aimere, Pota, Mamboro, dan Waingapu.

6. Nama Pelabuhan di Maluku

Pelabuhan di Maluku Utara ada Tobelo, Galela. Kemudian yang berada di Maluku adalah Wonreli, Pulau Teor, dan Tutu Kembong.

7. Nama Pelabuhan di Papua

Di pulau Papua ada pelabuhan Merauke, Nabire, Biak, Omako. Sedangkan di bagian Papua Barat ada pelabuhan Jaya Pura, Fak-fak, Kaimana, dan Bintuni.

8. Daftar Nama Pelabuhan Internasional di Indonesia

Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta, Merak di Banteng, Harbour Bay di Batam, Sunda Kelapa di Jakarta, Batam Center di Batam, Kepulauan Riau. Selain itu, ada juga pelabuhan Tanjung Perak di Jawa Timur, Bakaheuni di Lampung, dan Soekarno-Hatta Makassar.

Semoga nama dan daftar pelabuhan di Indonesia bisa menambah wawasan kita ya!



Simak Video "Jokowi Minta Pembangunan Pelabuhan Patimban Dikebut"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA