Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 14 Agu 2020 05:01 WIB

TRAVEL NEWS

Setelah 9 Tahun dalam Penangkaran, 2 Paus Beluga Ini Pulang ke Islandia

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Paus Beluga
Paus beluga akan pulang kampung. (Sea Life Trust)
Jakarta -

Dua ekor paus beluga akhirnya bisa 'pulang kampung' setelah menjalani suaka di Islandia. Berjarak sembilan tahun.

Dikutip dari CNN Travel, pada awalnya dua paus beluga Little Grey dan Little White ditangkap di lepas pantai Rusia pada 2011. Kemudian, dua paus beluga itu ditempatkan dalam sebuah penangkaran Changfeng Ocean World di Shanghai.

Dalam prosesnya, pada tahun berikutnya, penangkaran tersebut dibeli oleh perusahaan yang menentang paus dan lumba-lumba. Hingga akhirnya, muncullah Sea Life Trust yang akan mengembalikan mereka pulang ke Islandia. Islandia memang habitat bagi suaka alam perairan terbuka pertama di dunia untuk paus beluga.

Paus BelugaPaus Beluga Foto: (Sea Life Trust)

Menurut Lonely Planet, saat ini, Sea Life Trust sudah sampai pada tahap pelepasan paus beluga Little Grey dan Little White. Dua paus ini dipindahkan dari Shanghai menuju perlindungan perairan terbuka di Kepulauan Westman, Islandia. Mereka tiba di tempat perlindungan laut di Islandia pada 7 Agustus untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan alam yang baru. Tapi setelah itu, paus beluga itu akan dilepas ke tempat yang lebih luas di pantai selatan negara itu.

"Kami sangat senang dapat berbagi berita bahwa Little Grey dan Little White aman berada di kolam perawatan perlindungan laut mereka dan hanya satu langkah lagi untuk dilepaskan ke rumah perairan terbuka mereka," kata kepala Sea Life Trust, Andy Bool.

[Gambas:Instagram]



"Setelah perencanaan panjang dan berbagai percobaan, tahap pertama pelepasan mereka ke laut mulus seperti yang kami harapkan dan rencanakan. Kami memantau Little Grey dan Little White dengan cermat dengan tim perawatan ahli kami juga dokter hewan dan berharap untuk mengumumkan rilis final mereka segera," dia menambahkan.

Kedua paus beluga yang menggemaskan ini, Little White dan Little Grey melakukan perjalanan melalui laut, darat dan udara dengan maskapai penerbangan Cargolux yang mengangkut paus dan juga kapal kargo bermerek khusus. Sepanjang perjalanan menuju rumah baru mereka, paus diberikan perawatan.

Paus BelugaPaus Beluga Foto: (Sea Life Trust)

"Ini adalah proyek kesejahteraan laut pertama di dunia," kata juru bicara Sea Life Trust kepada Lonely Planet.

"Kesehatan dan kesejahteraan paus adalah prioritas proyek," dia menambahkan.

Ini adalah pertama kalinya paus beluga berada di laut sejak diambil dari pusat penelitian paus pada tahun 2011. Tim mengaku bersyukur karena mereka sehat dan makan dengan baik.

Sea Life Trust bekerja sama dengan Badan Konservasi Paus dan Lumba-Lumba (WDC) untuk merawat cetacea yang ditangkap. Menurut Sea Life Trust, Suaka Paus Beluga adalah salah satu perkembangan terbesar dalam perawatan dan perlindungan paus dan lumba-lumba di penangkaran dalam beberapa dekade.

Suaka di pulau Heimaey, salah satu Kepulauan Westman terletak di Teluk Klettsvik, merupakan teluk kecil alami di Islandia. Nantinya, paus beluga Little Grey dan Little White bisa menikmati kualitas hidup yang lebih dekat dengan habitat alami arktik mereka.



Simak Video "Ngeri! Paus Bungkuk Nyaris Lahap Dua Orang di California"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA