Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 15 Agu 2020 11:20 WIB

TRAVEL NEWS

Mau Wisata Jet Ski? Caranya Mudah Kok

Putu Intan
detikTravel
Anindya Kusuma Putri
Wisata jet ski. (Foto: Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Traveler yang ingin menikmati wisata laut dengan sensasi berbeda, bisa nih mencoba naik jet ski. Cara mengendarainya juga cukup mudah lho.

Untuk bermain jet ski, traveler dapat menyewa jet ski di sejumlah destinasi pantai di Indonesia. Salah satunya yang menyediakan fasilitas ini adalah Jet Ski Safari Indonesia yang memiliki 5 cabang yakni di Jakarta, Semarang, Jepara, Bali, dan Belitung.

Nah, untuk mengendarai jet ski, sebenarnya tak diperlukan sertifikasi khusus dan terbilang mudah. Hal itu diungkapkan CEO Jet Ski Safari Indonesia Anindya Kusuma Putri.

"Proses belajar naik jet ski sebenarnya sangat mudah. Buat teman-teman yang ingin, 10 menit, 15 menit juga sudah nyaman, sudah bisa riding jet ski," kata Anindya.

Mengendarai jet ski ini mirip dengan mengendarai motor matic. Bila ingin menyalakan mesin, cukup pasang kunci lalu tekan tombol start.

Jika mesin sudah menyala, tekan tombol di kemudi bagian kanan untuk gas sedangkan yang sebelah kiri untuk rem.

Apabila ingin mundur, cukup tekan keduanya. Lalu untuk berhenti, tekan rem lalu matikan tombol start tadi.

Anindya Kusuma PutriAnindya Kusuma Putri mengendarai jet ski. (Foto: Pradita Utama/detikcom)

Menurut Anindya, bagian terpenting untuk mengendarai jet ski adalah memperhatikan keamanan saat berkendara. "Yang penting teman-teman mengikuti instruksi keamanan dan juga mendengarkan instruktur jet ski. Semuanya akan aman dan mudah belajarnya," ujar Anindya.

Sebelum mengendarai jet ski, traveler wajib mengenakan pelampung atau life vest. Life vest ini berguna agar traveler tetap mengapung di tengah laut ketika jatuh dari jet ski.

Kemudian, traveler juga harus mengkaitkan kunci jet ski pada pelampung masing-masing. Ini berguna jika traveler jatuh, kunci tersebut langsung terlepas dan mesin jet ski mati.

Kemudian yang tak kalah penting, pastikan traveler dalam kondisi sehat ketika mengendarai jet ski. Sebab selama di tengah laut, traveler akan dihantam angin dan ombak laut.

"Pastikan kondisi badan teman-teman sehat. biar bisa seru-seruan seharian di laut menggunakan jet ski,"ujar Anindya.

Jika traveler berdomisili di Jakarta dan sekitarnya, traveler bisa mencoba jet ski di Marina Ancol. Kegiatan yang dapat dilakukan adalah main jet ski di lintasan yang sudah disediakan atau mengambil paket wisata menuju Kepulauan Seribu.

(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA