Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 15 Agu 2020 14:20 WIB

TRAVEL NEWS

Miss Universe Takjub pada Toleransi di Indonesia

Putu Intan
detikTravel
Anindya Kusuma Putri
Puteri Indonesia 2015 Anindya Kusuma Putri. (Foto: Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Finalis Miss Universe 2015 sempat dua kali melancong ke Indonesia. Mereka justru takjub pada keberagaman dan toleransi di Indonesia.

Puteri Indonesia 2015 yang juga finalis Miss Universe 2015 Anindya Kusuma Putri berbagi cerita unik kala mengajak teman-temannya sesama finalis Miss Universe 2015 datang ke Indonesia. Anindya mengungkapkan, ia dua kali mengajak para finalis merasakan langsung keindahan Indonesia yakni pada 2018 dan 2019.

"Jadi teman-teman Miss Universe sudah 2 kali aku ajak datang ke Indonesia. Dan respons dari mereka sangat luar biasa banget. Mereka ingin balik lagi ke Indonesia," kata Anindya.

Saat itu, finalis Miss Universe dari 14 negara diajak berjalan-jalan di Jakarta, Kepulauan Seribu, dan Bali. Anindya masih ingat kesan pertama para finalis tentang Indonesia yang mulanya mengira Indonesia adalah negara Islam namun ternyata masyarakatnya begitu beragam.

"Ketika pertama kali sampai di Indonesia, mereka bilang sama aku 'Oh ternyata Indonesia itu bukan negara Islam. Ternyata waktu aku sampai di sini orang-orangnya sangat diverse (beragam) ya. Aku kira orang-orang di sini pakai hijab semua," Anindya bercerita.

Anindya pun menjelaskan bahwa negara Indonesia memang memiliki populasi pemeluk agama Islam yang terbesar di dunia. Akan tetapi di sini juga diakui 5 agama lainnya dan ragam kebudayaan yang luas.

"Dari situ mereka tahu 'Oh Indonesia sangat diverse ya. Kita kan nusantara sangat toleran'. Nah itu merupakan hal baru untuk mereka ketahui. Karena selama ini mereka pikir Indonesia adalah negara Muslim yang mengharuskan mereka menggunakan pakaian tertutup ketika mengunjungi Indonesia," ujar Anindya.

Selain kagum pada toleransi di Indonesia, finalis Miss Universe juga menyukai keramahan masyarakat Indonesia. "Selama aku ajak teman-teman luar negeri main ke Indonesia, yang bikin mereka ingin untuk balik lagi ke sini, nggak hanya keindahan alamnya saja tapi juga keramahan dari masyarakat Indonesia itu sendiri. Sangat bangga juga ya karena Indonesia terkenal akan hospitalitynya (keramahannya)," kata Anindya.

Anindya mengaku senang dapat menjadi bagian dari Puteri Indonesia dan Miss Universe. Sebab berkat pengalaman itu, ia dapat membantu mempromosikan pariwisata Indonesia ke kancah internasional. Termasuk memberikan pemahaman yang selama ini keliru tentang Indonesia.

(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA