Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 18 Agu 2020 05:01 WIB

TRAVEL NEWS

Video Mirip Nepal di Kaki Gunung Sumbing Viral, Ganjar Terpesona

Femi Diah
detikTravel
Dusun tertinggi di Magelang, mirip seperti di Nepal
Desa Butuh, Kaliangkrik, Magelang sering disebut Nepal-nya Indonesia. (Eko Susanto/detikcom)
Magelang -

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membagikan video pendek daerah mirip Nepal. Rupanya, ada di kaki Gunung Sumbing, di Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah.

Video itu diunggah Ganjar lewat akun Instagram @ganjar_pranowo. Dari video itu tampak kawasan padat perumahan di lereng gunung dengan gunung menjulang dan pepohonan sebagai latar belakang. Di bawah perumahan terdapat ladang dan sawah.

Ganjar memeri keterangan untuk video itu: Repost: indaaaaaaahnyaaaaaaa.... kamu pernah ke sini? Dimana hayo?

Warganet pun merespons dengan menebak lokasi kawasan itu. Mereka menyebut itu adalah Desa Butuh, Kecamatan Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah. Sementara gunungnya adalah Gunung Sumbing.

Hingga saat ini, video itu mendapatkan 146 ribuan views dan nyaris 660 komentar.

"Mantab pak Dusun Butuh," tulis Bayu Widodo.

"Gunung Sumbing, Desa Butuh, Kaliangkrik," tulis Na_Hasna.

Video Dusun Butuh, Kaliangkrik, Magelang itu itu merupakan unggahan ulang Ganjar dari akun milik Fajar Tegar Laksono @ipxcex. "Dusun terawesome yang pernah ane kunjungi, lebih bagus dari desa yang ada di Nepal sana. Mending ndene cedhak. (Mending ke sini dekat)".

[Gambas:Instagram]



detikTravel pernah menyambangi desa itu. Untuk menuju dusun itu dibutuhkan waktu sekitar 30 menit dari kota Magelang.

Dusun Butuh di Kaliangkrik itu memang dikenal memiliki beberapa sebutan karena keindahan alamnya. Dusun ini berada di ketinggian 1.620 mdpl.

Bangunan rumah milik penduduk bersusun seperti teras siring. Kemudian, warga masyarakat Dusun Butuh ini sangat ramah sekali.

"Padahal dulu-dulu sebelum muncul istilah Nepal. sudah ada sebutan yang lain. Selama ini yang saya terima dan sering ngobrol, Rio de Janeiro Brasil, terus Tibet juga. Lha sekarang tambah Nepal, jadi ketiga-tiganya istilah dusun sini yang saya syukuri," kata Kepala Dusun Butuh, Lilik Setiyawan.

Lilik juga bilang susunan rumah yang ada di Desa Butuh, Kaliangkrik itu terbentuk secara alami karena kanan kiri merupakan lahan pertanian terasering. Kemudian, dibangun rumah mirip teras sering dengan mengikuti kontur tanah.



Simak Video "Trabas Gunung Sumbing, Doni Tata Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA