Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 26 Agu 2020 13:07 WIB

TRAVEL NEWS

Thailand Bakal Buka Gerbang Wisata, Ini Aturan Mainnya

Femi Diah
detikTravel
Pantai Phuket
Pantai Phuket jadi pintu pertama wisatawan asing masuk Thailand. (Getty Images/iStockphoto/luxizeng)
Bangkok -

Thailand berencana membuka pintu untuk wisatawan mulai 1 Oktober. Tapi, syaratnya turis asing harus tinggal di negeri gajah putih itu dengan durasi panjang.

Dikutip dari The Times of India, Rabu (26/8/2020), Gubernur Otoritas Pariwisata Thailand Yuthasak Supasorn, menyebut bakal membuka wisata Thailand untuk turis asing. Rencana itu dibuat untuk mendorong bangkitnya sektor pariwisata, yang merupakan sumber pendapatan utama negara.

Pembukaan wisata Thailand untuk wisatawan asinng itu dilakukan secara bertahap. Pintu pertama yang dibuka adalah Phuket. Nah, andai turis dinyatakan bebas COVID-19 di Phuket, barulah mereka bisa berkeliling Thailand.

Untuk mengetahui kondisi kesehatan turis itu terinfeksi virus Corona atau tidak, Yuthasak mengatakan, bahwa wisatawan yang berkunjung ke Thailand saat dibuka lagi harus tinggal selama minimal 30 hari. Itu sudah termasuk masa karantina selama 14 hari di hotel tempat tinggal turis.

"Setelah karantina selesai, wisatawan bisa beraktivitas menjelajahi area lain," kata Yutashak.

Keputusan tersebut diambil setelah pemerintah Thailand menangguhkan rencana untuk membuat travel bubble dengan negara mitra karena kasus COVID-19 di Asia meningkat.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Olahraga Phiphat Ratchakitprakarn juga telah menyatakan aturan serupa. Pelancong harus menjalani dua kali tes virus Corona selama karantina mulai 1 Oktober itu.

Dari hasil tes itu barulah turis diputuskan bisa melanjutkan perjalanan melintasi Phuket atau tidak. Setelah itu, pengunjung akan menjalani tes lanjutan dan diminta untuk tetap tinggal di Phuket selama satu minggu lagi. Barulah jika hasilnya negatif COVID-19, pelancong bisa melakukan perjalanan ke seantero Thailand.

Thailand telah berhasil mengendalikan virus Corona dengan cukup efektif. Dalam sekitar tiga bulan, tidak ada kasus penularan COVID-19 lokal yang dikonfirmasi. Kendati sudah mengumumkan rencana membuka wisata dan aturannya, Thailand belum merinci turis dari negara mana saja yang bisa masuk.

(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA