Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 28 Agu 2020 08:12 WIB

TRAVEL NEWS

Mengenal Senjata Garuda Indonesia untuk Bunuh Corona

Filter penyaring sirkulasi udara milik Garuda Indonesia.
HEPA filter milik Garuda Indonesia (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Di tengah pandemi virus Corona, maskapai Garuda Indonesia terus memberi rasa aman bagi para penumpang. Tiap maskapai mereka punya senjata untuk memberantas COVID-19, apa itu?

Dalam kunjungan detikTravel ke hanggar 2 PT Garuda Maintenance Factory (GMF) Rabu (26/8/2020), maskapai Garuda Indonesia memperkenalkan satu teknologi khusus dari pesawatnya untuk memberantas virus Corona.

Adalah HEPA filter, sebuah penyaring udara yang telah terpasang di dalam pesawat untuk mengatur sirkulasi udara dalam kabin pesawat. Hal itu diperjelas dengan informasi dari sang teknisi pesawat bernama Bagus Panuntun.

"HEPA filter itu sendiri yang dikenal sebagai High Efficiency Particle Filter, merupakan sebuah filter atau penyaringan udara di pesawat yang berfungsi untuk menyaring udara atau segala debu partikel hingga bakteri yang ada di pesawat. Di kabin disirkulasikan di sebuah filter untuk penyaringan hingga kadar udara yang ada di kabin itu 99,9% disaring hingga menjadi udara yang sangat murni dan bisa dihirup di kabin," kata Bagus.

Filter penyaring sirkulasi udara milik Garuda Indonesia.Udara yang ada di kabin dipastikan bersih dari COVID-19 (Rengga Sancaya/detikcom)

Di tengah pandemi, fitur HEPA filter milik Garuda Indonesia itu juga ampuh untuk mencegah penularan corona di atas pesawat. Secara teknis, udara di dalam kabin terus disaring dan dibersihkan secara otomatis.

"Iya, termasuk virus corona juga bisa disaring dalam HEPA filter itu. Jadi kita tidak perlu khawatir ketika kita akan terbang, karena segala sirkulasi yang ada di kabin sudah disaring melaui HEPA filter itu sendiri dan dijamin di dalam penerbangan kita akan merasa nyaman karena udara yang dihasilkan adalah udara yang murni," pungkas Bagus.

Secara teknis, HEPA filter akan otomatis menyaring udara di dalam kabin tiap 2 menit. Sehingga udara di kabin dipastikan bersih dan bebas dari corona. Fungsinya sendiri begitu vital dan perlu diketahui oleh masyarakat luas.

Agar semakin memberi rasa aman, fitur HEPA filter itu juga telah tersedia dalam setiap pesawat milik maskapai Garuda Indonesia. Jadi, traveler tak perlu ragu untuk terbang kembali dengan maskapai kebanggaan Indonesia tersebut.

"Ya, seluruh armada Garuda Indonesia sudah dilengkapi dengan HEPA filter itu sendiri," tutup Bagus.

Tonton juga 'Pesawat Punya HEPA Filter, Ahli Tetap Ingatkan Protokol Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]

(rdy/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA