Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 01 Sep 2020 08:41 WIB

TRAVEL NEWS

Cerita Pramugari dan Pramugara Garuda Indonesia di Tengah Pandemi

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Beginilah potret pramugari Garuda Indonesia saat melayani ditengah pandemi Corona. Tetap menerapkan protokol kesehatan guna kebaikan bersama di era new normal.
Ilustrasi pramugari Garuda Indonesia (Rengga Sancaya/detikTravel)
Jakarta -

Profesi pramugari dan pramugara mengharuskan interaksi dengan penumpang, sekali pun di tengah pandemi. Ini cerita mereka.

Sebagai profesional, profesi pramugara dan pramugari maskapai Garuda Indonesia tetap bertugas sekali pun berada di tengah suasana yang tak pasti seperti sekarang. Kekhawatiran kerap terjadi, walau protokol kesehatan wajib dijalankan.

Cerita itu dituturkan oleh Grace Ratna Saputri dan Albert Sulaiman, pramugari dan pramugari Garuda Indonesia yang telah aktif bertugas sejak tahun 2014 lalu pada detikTravel dalam sebuah sesi wawancara eksklusif pada Rabu (26/8/2020).

Diawali oleh pramugari Grace, awalnya ia merasa sempat khawatir untuk kembali terbang di tengah pandemi virus Corona. Apalagi, jika mengingat keluarga di rumah.

"Rasa khawatir tertular pasti ada, namanya juga kita manusia pasti ada takutnya. Apalagi, saya tinggal bersama orang tua yang sepuh dan di rumah ada anak kecil, yang saya khawatirkan lebih menjadi carrier," ujar Grace.

Beginilah potret pramugari Garuda Indonesia saat melayani ditengah pandemi Corona. Tetap menerapkan protokol kesehatan guna kebaikan bersama di era new normal.Beginilah potret pramugari Garuda Indonesia saat melayani di tengah pandemi Corona. Tetap menerapkan protokol kesehatan guna kebaikan bersama di era new normal (Rengga Sancaya/detikTravel)

Hanya demi profesionalitas, Grace tetap melayani para penumpang maskapai Garuda Indonesia. Protokol kesehatan ketat pun diterapkan.

"Namun, ini balik lagi resiko pekerjaan saya ambil. Di samping itu saya yakin dengan menerapkan protokol kesehatan dengan benar saya bisa bekerja seoptimal mungkin," dia menambahkan.

Beginilah potret pramugari Garuda Indonesia saat melayani ditengah pandemi Corona. Tetap menerapkan protokol kesehatan guna kebaikan bersama di era new normal.Profesionalitas tetap dijalankan di tengah pandemi (Rengga Sancaya/detikTravel)

Sementara itu, menurut pramugara Albert, protokol kesehatan ketat yang dijalankan oleh pihak maskapai Garuda Indonesia membuatnya jadi lebih percaya diri.

"Sebagaimana protokol yg diterapkan oleh Garuda, ditambah Garuda mempunyai filter HEPA di mana sistem itu membuat sirkulasi udara di dalam kabin diperbaharui 99,9%. Mikroba yang ada di dalamnya bisa hilang. Dari protokol kesehatan dan sistem Garuda Indonesia membuat saya percaya diri untuk bekerja dan tak khawatir tertular," tutur Albert.

Agar lebih yakin, Albert juga menerapkan protokol kesehatan dalam kesehariannya. Baik saat sedang bertugas atau tidak.

"Mungkin sama, sebelum masuk rumah kita harus benar-benar bersih. Pulang ke rumah langsung mandi dan keluarga mewanti-wanti saya untuk selalu disiplin menggunakan masker, hand sanitizer dan sarung tangan," kata dia.

Bekerja sebagai pramugari dan pramugara Garuda Indonesia memang adalah soal jasa dan servis terbaik yang jadi kebanggaan maskapai nasional. Citra itulah yang ingin tetap dijaga oleh maskapai Garuda Indonesia, sekali pun di tengah pandemi.



Simak Video "Pemprov DKI Bantah Tambah Saham di Bir Anker"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA