Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 08 Sep 2020 17:42 WIB

TRAVEL NEWS

Surganya Watersport, Taklukan Ombak 3 Pantai di Banyuwangi Ini!

Abu Ubaidillah
detikTravel
Pantai-pantai di Banyuwangi
Foto: shutterstock-Pantai indah di Pulau Merah Banyuwangi
Banyuwangi -

Liburan di pantai tak perlu ke luar negeri, cukup #DiIndonesiaAja sebab Indonesia punya banyak pantai yang indah. Salah satunya, pantai-pantai yang ada di Banyuwangi.

Banyuwangi memiliki banyak pantai menawan dengan hamparan pasir bersih dan pepohonan yang membuatnya asri. Selain itu, pantai-pantai di Banyuwangi juga dikenal memiliki ombak yang sangat menantang.

Memiliki potensi watersport di wilayah pesisir, Banyuwangi pun menjadi tempat yang terkenal dan banyak dikunjungi para peselancar dari seluruh dunia. Adapun beberapa pantai terkenal yang ada di Banyuwangi antara lain sebagai berikut.

1. Pantai Pulau Merah

Pantai-pantai di BanyuwangiPantai Pulau Merah Foto: shutterstock

Terletak di wilayah Pesanggaran, kabupaten Banyuwangi, Pantai Pulau Merah bisa diakses dengan jarak tempuh sekitar 80 km dari pusat kota. Tak heran bila pantai yang satu ini selalu ramai dikunjungi pelancong setiap harinya, baik wisatawan lokal maupun asing.

Pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 3 km dan menghadap langsung ke samudera Hindia. Warna pasirnya putih dan terkadang agak kelihatan pink atau kemerahan sehingga menjadikannya sebagai watersport yang wajib dikunjungi.

Pantai ini juga menjadi destinasi wisata khusus bagi yang suka berselancar, sebab ombak di pantai ini memiliki ketinggian lebih dari 3 meter dan selalu menjadi tantangan tersendiri bagi para pencinta olahraga air. Pamor Pantai Pulau Merah sebagai pantai surfing memang telah lama melekat di mata wisatawan lokal maupun asing.

Pantai Pulau Merah juga memiliki satu spot yang menarik, yakni sebuah bukit kecil bertanah merah yang terletak di dekat bibir pantai. Bukit setinggi 200 meter ini bisa dikunjungi hanya dengan berjalan kaki ketika air laut sedang surut.

Menjelang matahari terbenam, pulau yang memiliki tanah merah tersebut bagaikan berubah warna menjadi merah. Fenomena alam inilah yang kemudian membuat pantai ini dinamakan dengan Pantai Pulau Merah. Di bukit ini juga terdapat pura yang kerap dimanfaatkan warga beragama Hindu untuk melaksanakan upacara Mekiyis.

Pantai Pulau Merah menjadi satu dari sekian banyak destinasi wisata yang telah dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan, antara lain pembatasan jumlah pengunjung, menjaga jarak pengunjung, hingga pemberlakuan wajib menggunakan masker di tempat wisata.

2. Pantai Mustika

Pantai-pantai di BanyuwangiPantai Mustika Foto: shutterstock

Pantai Mustika merupakan pantai yang terletak di kawasan Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Pantai ini memiliki kontur yang sangat landai dan karakter ombaknya pun terbilang cukup aman bagi yang ingin bermain di tepi pantai.

Selain bisa merasakan ombak yang menawan di tepi pantai, para wisatawan juga bisa menikmati indahnya pasir putih dan bersih. Selain itu pantai ini juga memiliki bentuk seperti setengah lingkaran yang membuatnya menjadi semakin menawan.

Kawasan sekitar pantai ini juga cukup rindang karena ditumbuhi pohon-pohon kelapa yang membentang dari ujung kiri ke kanan. Pengunjung pun bisa menikmati indahnya alam Pantai Mustika dari bawah pohon kelapa sambil menikmati angin sepoi-sepoi.

Pantai ini bisa ditempuh dengan jalan kaki 3-4 km dari Pantai Pulau Merah ke arah barat, atau sebelum memasuki pintu masuk Pantai Pulau Merah, terdapat jalan desa ke kanan. Ikuti saja jalan tersebut untuk sampai di Pantai Mustika.

Pada masa new normal ini, wisata Pantai Mustika di Banyuwangi telah dibuka kembali dan siap menjadi destinasi wisata tujuan para wisatawan yang ingin menantang ombak di salah satu watersport terbaik #DiIndonesiaAja ini.

3. Pantai Plengkung

Pantai-pantai di BanyuwangiPantai Plengkung Foto: shutterstock

Pantai Plengkung, Banyuwangi disebut-sebut sebagai surganya para peselancar dunia. Hal ini tak terlepas dari tinggi ombaknya yang mencapai 6 meter dan memberikan sensasi tersendiri untuk membuktikan nyali.

Pantai Plengkung yang biasa disebut dengan G-Land ini sangat menantang bagi peselancar. Ombak pantai Plengkung bahkan bisa lebih tinggi dari 6 meter pada bulan Maret hingga Oktober.

Menurut situs resmi pariwisata Indonesia, Indonesia.travel, ombak di Pantai Plengkung disebut-sebut sebagai yang terbaik kedua di dunia setelah Hawaii. Selain Plengkung dan Hawaii, hanya ada Australia dan Afrika Selatan saja yang memiliki ombak menantang.

Pantai ini berlokasi di Taman Nasional Alas Purwo atau TNAP. Wisatawan yang ingin menuju Pantai Plengkung harus masuk terlebih dahulu ke TNAP. Dari TNAP, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan menuju Pantai Plengkung menggunakan mobil sewaan.

Sepanjang perjalanan, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang serba hijau. Selain itu banyak pula fauna menarik seperti rusa, burung, dan sebagainya yang membuat perjalanan menjadi semakin berkesan.

Hamparan pasir putih di pinggir pantai pun akan membuat wisatawan semakin nyaman. Pemandangan hutan yang hijau juga akan menjadi relaksasi tersendiri yang menarik. Para traveler juga bisa menginap di resor-resor yang telah disediakan.

Taman Nasional Alas Purwo yang merupakan lokasi Pantai Plengkung yang telah dibuka Juni kembali pada Juni lalu. Penerapan protokol kesehatan ketat diterapkan untuk memastikan wisatawan merasa aman dan nyaman ketika berkunjung ke salah satu watersport terbaik #DiIndonesiaAja ini.



Simak Video "Sambut Hari Kesehatan Jiwa, ODGJ di RSUD Banyumas Ikut Berkebun"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA