Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 08 Sep 2020 16:01 WIB

TRAVEL NEWS

Lagi Liburan, Turis Bisa Nggak Cuma Leyeh-leyeh Saja

Dadan Kuswaraharja
detikTravel
Ilustrasi persiapan liburan
lustrasi liburan Foto: Thinkstock
Jakarta -

Biasanya traveler kalau datang ke tempat wisata maunya leyeh-leyeh, ambil foto atau melakukan kegiatan unfaedah lainnya karena ingin nyantai. Namun saat ini tren wisata tak cuma sekedar leyeh-leyeh saja.

"Ke depan wisata bukan hanya leyeh-leyeh, tapi ada yang memberikan kontribusi kepada destinasi yang dikunjungi. Sekarang ada perubahan tren, experience tourism jadi hype lah di kalangan muda, mereka datang, ada sebagian bikin paket misalnya Shoes for Sumba dia datang ke Sumba sambil memberi sepatu, dia datang kemudian untuk ngajar, sambil memungut sampah," ujar Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan (Events) Kemenparekraf, Rizki Handayani di situs Kemenparekraf.

Jadi traveler bisa jalan-jalan di destinasi favorit sambil menjaga lingkungan yang ada di sana. "Kami harapkan ke depan, pas dengan kondisi sekarang (pandemi COVID-19), dimana kebersihan dan kesehatan menjadi hal yang utama," ujarnya.

Tak lupa dia meminta wisatawan untuk selalu membawa lagi sisa sampahnya sendiri. Kalau bawa minuman ada baiknya menggunakan tumbler. "Hal-hal kecil dilakukan sendiri, itu wisatawan yang bertanggung jawab," ujarnya.

Kemenparekraf sendiri menurut Rizki saat ini tengah membantu pemulihan destinasi wisata. "Kita berbenah dulu, bagaimana menyiapkan destinasi. Kita mensosialisasikan I Do Care sama protokol kesehatan, ada program Kita BISA (Bersih, Indah, Sehat dan Aman), kita lakukan Sapta Pesona, sampaikan ke masyarakat, karena bukan hanya wisatawan tapi juga masyarakat," ujarnya.

Tak lupa dia meminta wisatawan untuk menggunakan masker, selalu jaga jarak, cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer. "Itu aja yang jangan lupa, seakrab-akrabnya sama teman tetap pakai masker, kita nggak pernah tahu (dia membawa virus atau tidak). Ini saatnya kita sayang pada orang lain, sayang pada diri sendiri, ini udah beda, dunia udah beda, sampai vaksin ditemukan pun kita masih butuh waktu," ujarnya.



Simak Video "Kemenparekraf Promosikan Aman Berwisata Lewat Indonesia Care"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA