Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 10 Sep 2020 18:45 WIB

TRAVEL NEWS

Mulai Besok, Pendakian Gunung Gede Pangrango Kembali Tutup

Ismet Selamet
detikTravel
Gunung Gede via Gunung Putri
Foto: Pendakian Gunung Gede (Femi Diah/detikTravel)
Cianjur -

Pendakian Gunung Gede Pangrango kembali ditutup mulai besok. Padatnya pendaki yang mencapai ribuan orang akhir pekan lalu, jadi alasan ditutupnya pendakian.

Penutupan itu berdasarkan surat dari Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang dikeluarkan hari ini.

Ada lima poin dalam surat tersebut, dimana pada poin dua serta tiga dijelaskan jika adanya pemberitaan di media sosial jika jumlah pendaki melebihi kuota dan diindikasikan mencapai ribuan orang.

Sehingga perlu dilakukan evaluasi kegiatan pendakian, termasuk mencegah dan memastikan tidak ada pendaki ilegal.

Pada poin empat, ditegaskan sambil menunggu hasil evaluasi, pendakian di seluruh pintu masuk pendakian Taman Nasional Gunung Gede dinyatakan ditutup.


Pembukaan kembali pintu pendakian dapat dilakukan sampai pihak Balai Besar TNGGP mampu memastikan jumlah pendaki sesuai kuota, mencegah pendaki ilegal, dan dipastikan semua pihak menerapkan protokol COVID-19 dan protokol kunjungan wisata alam.

Haryono, salah seorang calon pendaki asal Cianjur mengaku sudah mendapatkan surat edaran tersebut dan menanyakannya pada pihak TNGGP. Didapati jika pendakian memang ditutup sementara.

Dengan begitu, ia terpaksa menunda rencana pendakian pada Jumat (11/9/2020) sore.

"Begitu dapat surat saya tanyakan ke petugas TNGGP, katanya memang ditutup sementara. Saya sudah daftar, rencananya mulai mendaki besok. Tapi karena ditutup, ditunda dulu agenda mendakinya," ucap Haryanto, Kamis (10/9/2020).


Humas TNGGP Poppy Oktadiani, membenarkan penutupan jalur pendakian tersebut. Menurutnya penutupan mulai berlaku 11 September 2020, besok.

"Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango menutup kembali aktifitas Pendakian sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan," ucapnya singkat saat dikonfirmasi via telepon seluler, Kamis (10/9/2020).

Seperti yang diketahui, TNGGP mulai membuka jalur pendakian pada 25 Agustus 2020 berdasarkan Surat Edaran Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Nomor: SE.959/BBTNGGP/Tek.2/8/2020 tentang Pembukaan Kembali Pendakian Gunung di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Sayangnya, pekan lalu didapati jika terjadi penumpukan jumlah pendaki. Bahkan diperkirakan jumlah pendaki mencapai ribuan orang. Video padatnya pendaki hingga terjadi antrean juga sempat viral di media sosial.



Simak Video "Demo Tolak Omnibus Law-Evaluasi Satu Tahun Jokowi di Bandung "
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA