Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 12 Sep 2020 15:15 WIB

TRAVEL NEWS

Bison vs Turis di Polandia, Siapa yang Menang?

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Large male of bison in the forest
Foto: Ilustrasi bison (Thinkstock)
Warsawa -

Seorang turis di Polandia terluka akibat diserang bison saat sedang jalan-jalan. Bison vs Turis: 1-0, dimenangkan bison.

Staff Taman Nasional Bialowieza saat ini sedang kelimpungan. Mereka ditugasi mencari bison jantan yang kedapatan mencederai turis di taman nasional tersebut.

Dikumpulkan detikTravel dari beberapa sumber, bison jantan tersebut menyerang turis pria berusia 61 tahun saat sedang jalan-jalan pagi di Hutan Bialowieza. Akibat serangan bison tersebut, si turis sampai harus dilarikan ke rumah sakit terdekat karena mengalami luka-luka.

Kepala Kepolisian setempat, Tomasz Krupa mengatakan turis tersebut diserang secara tiba-tiba di pagi hari. Kemungkinan si turis tersebut berpapasan dengan si bison di jalan, sehingga si bison kemudian langsung menyerang si turis.


Kepala Taman Nasional Bialowieza, Michal Krzysiak menyebut setelah serangan itu terjadi, petugas sempat mencari keberadaan si bison. Namun yang ditemukan hanyalah jejak kakinya saja.

Jejak kaki bison yang berukuran cukup besar menunjukkan jenis kelamin hewan tersebut, yaitu pejantan. Kemungkinan si bison jantan tersebut melintasi jalur dimana manusia biasa berjalan-jalan.

Secara kebetulan, saat itu ada turis yang berada di jalur yang sama. Karena merasa terancam, si bison jantan itu langsung menyeruduk si turis.

Krzysiak sendiri menyebut biasanya bison akan menghindar bila bertemu dengan manusia. Sangat jarang ada bison yang menyerang langsung bila bertemu manusia.

Untuk mencegah kejadian serupa terulang, saat ini Krzysiak memerintahkan untuk memperketat pengawasan. Sekaligus mencari dimana bison yang sudah menyeruduk turis tadi untuk diperiksa kondisi kesehatannya.


Bison jantan merupakan hewan yang paling tidak ingin traveler temui secara langsung di alam liar. Itu karena hewan ini sangat liar dan ganas. Apalagi saat musim kawin tiba. Tingkat keagresifannya bisa naik 2 kali lipat dari biasanya.

Di Taman Nasional Bialowieza sendiri hidup sekitar 770 ekor bison. Total ada kurang lebih 1.800 ekor bison yang hidup di Polandia.

(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA