Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 13 Sep 2020 13:39 WIB

TRAVEL NEWS

Seru! Sport Tourism Danau Toba, Bisa Fun Bike hingga Main Kayak

Faidah Umu Sofuroh
detikTravel
Danau Toba
Foto: shutterstock-Sunset merupakan waktu terbaik untuk menikmati keindahan Danau Toba
Jakarta -

Danau Toba sejatinya merupakan sebuah kaldera yang terbentuk akibat letusan Gunung Toba. Letusan itu diprediksi terjadi sekitar tiga kali, yang pertama pada 840 ribu tahun lalu dan yang terakhir terjadi pada 74 ribu tahun lalu.

Akibat letusan itu, terbentuklah sebuah danau yang pada akhirnya kini menjadi danau terbesar di Indonesia dan salah satu danau terdalam di dunia.

Dewan Eksekutif UNESCO pun menyepakati Kaldera Toba sebagai UNESCO Global Geopark dalam Sidang ke-209 belum lama ini. Menjadi salah satu UNESCO Global Geopark, nama Danau Toba pun menjadi semakin dikenal di seluruh dunia. Tak ayal, pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menjadikan Danau Toba sebagai salah satu destinasi super prioritas.

Danau Toba memiliki pesona yang tak ada habis-habisnya. Cukup dengan berwisata #DiIndonesiaAja di kaldera ini, traveler bisa meresapi keindahan pemandangan yang begitu alami. Danau yang terletak di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini membuat udara di sekitar danau terasa sangat sejuk.

Namun, tak hanya menawarkan keindahan alam saja, ada berbagai kegiatan seru yang bisa dilakukan saat berwisata ke Danau Toba. Apa saja? Simak paparan berikut yang dirangkum detikTravel dari berbagai sumber.

Berkemah di Bukit Holbung

Pemandangan Danau Toba dari atas Bukit HolbungPemandangan Danau Toba dari atas Bukit Holbung Foto: detikTravel

Bukit Holbung berada di Desa Tele. Ada dua rute untuk menuju tempat ini. Pertama dari Medan langsung ke Tele melewati Kabanjahe. Rute lainnya adalah melalui Siantar melewati Parapat lalu Samosir. Di lokasi sebelum mendaki bukit ada loket untuk membayar retribusi, setelah itu, traveler akan langsung dipersilakan mendaki bukit ini.

Tak perlu waktu lama, cukup 15 menit pendakian saja sudah sampai di puncak Bukit Holbung. Dari sini, para traveler akan disuguhkan keindahan Bukit Holbung dengan latar belakang Danau Toba yang begitu megah. Bukit ini juga dipenuhi padang rumput dan ilalang yang berwarna hijau ketika musim hujan dan berwarna coklat saat musim kemarau.

Tak cukup menjelajah Bukit Holbung? Traveler juga bisa mendirikan tenda untuk bermalam di Bukit Holbung setelan mendapatkan izin dari penjaga setempat. Jika berkemah di Bukit Holbung, traveler bisa menikmati sunset dan sunrise di sini. Kabarnya, keindahan Bukit Holbung ini akan terlihat lebih mempesona saat menjelang matahari terbenam, loh.

Main Kayak

Bermain kayak merupakan aktivitas yang harus dicoba saat ke Danau TobaBermain kayak merupakan aktivitas yang harus dicoba saat ke Danau Toba Foto: Kemenparekraf

Danau Toba juga menjadi spot sport tourism terbaik di Indonesia. Olahraga air yang biasa dilakukan di Danau Toba yaitu kayak. Berdasarkan catatan detikTravel, pada 2019 lalu Danau Toba bahkan menjadi tempat ekspedisi kayak yang memecahkan Rekor MURI lho. Keren banget kan?

Bermain kayak di Danau Toba ini memberikan sensasi yang berbeda. Arus Danau Toba terbilang tenang pada pagi hari, sehingga traveler bisa berkayak dengan santai sembari memandangi keindahan bukit dari permukaan danau. Beberapa penginapan di desa yang ada di Pulau Samosir biasanya juga menyediakan fasilitas kayak untuk disewakan.

Nah, jika traveler ingin merasakan serunya bermain kayak di Danau Toba, traveler bisa mencoba tiga rute untuk menjelajah danau dengan kayak. Rute yang mudah adalah Tongging - Silalahi sepanjang 12 km, lalu rute yang cukup menantang adalah Tongging - Samosir sekitar 50 km, dan yang terakhir adalah rute Lingkaran Utara yang sangat sulit, berjarak 175 km.

Fun Bike Keliling Pulau Samosir

Bersepeda keliling Pulau Samosir juga jadi kegiatan seru saat berwisata ke Danau TobaBersepeda keliling Pulau Samosir juga jadi kegiatan seru saat berwisata ke Danau Toba Foto: Kemenparekraf

Wisata olahraga yang bisa kamu lakukan di area wisata Danau Toba selain kayak yaitu bersepeda. Bersepeda mengelilingi Pulau Samosir. Dengan hamparan perbukitan yang hijau, udara yang sejuk dan jauh dari polusi perkotaan menjadi aktivitas yang begitu menyenangkan untuk dilakukan.

Beberapa waktu lalu bahkan diselenggarakan acara Geobike Kaldera Toba ke-6 di Geoside Sipinsur Humbahas. Tentunya di masa pandemi COVID-19, acara yang juga didukung oleh Kemenparekraf ini selalu mengedepankan protokol kesehatan. Peserta di acara Geobike Kaldera Toba ke-6 ini dibatasi dan semua orang yang terlibat dalam acara ini wajib mengenakan masker.

Bagaimana traveler, seru kan aktivitas-aktivitas yang bisa dilakukan saat berwisata ke Danau Toba? Menikmati pesona Danau Toba memang bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Namun, di tengah pandemi yang ada saat ini, tetap kedepankan keselamatan, kesehatan dan selalu mematuhi aturan protokol kesehatan yang ada saat berwisata ya. Yuk, berwisata cerdas #DiIndonesiaAja.



Simak Video "Mengelilingi Surga Sport Tourism di Pulau Bintan"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA