Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 16 Sep 2020 07:45 WIB

TRAVEL NEWS

Ajaib, Ular Piton 62 Tahun Bisa Bertelur Meski Tanpa Pejantan

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Ular Piton betina bertelur di usia 62 tahun tanpa pejantan
Foto: Ular piton 62 tahun bertelur (Chawna Schuette/Saint Louis Zoo via AP)
St Louis -

Seekor ular piton betina berusia 62 tahun di kebun binatang St. Louis, tiba-tiba bertelur. Padahal ular ini hidup tanpa pejantan selama 20 tahun. Kok bisa?

Para ahli satwa di kebun binatang St Louis, Amerika Serikat sedang berusaha memecahkan misteri tentang ular betina yang tiba-tiba bertelur meski tanpa pejantan.

Ular betina berjenis piton tersebut baru-baru ini berhasil mengeluarkan 7 butir telur pada 23 Juli lalu. Kasus ini menarik karena ular tersebut usianya sudah 62 tahun dan hidup sendirian tanpa pejantan selama lebih dari 20 tahun.

"Dia barangkali adalah ular tertua dalam sejarah yang bertelur,"ungkap Mark Wanner, Manajer Herpetologi Kebun Binatang St. Louis, seperti dikutip detikTravel dari AP, Selasa (15/9/2020).


Menurut Wanner, ular betina akan berhenti bertelur sebelum usianya mencapai 60 tahun. Tapi untuk kasus ini adalah pengecualian.

Dari 7 butir telur ular piton yang dihasilkan, 3 telur ditetaskan di inkubator, sementara 2 telur digunakan untuk sampling genetik, sedangkan sisanya tidak bisa bertahan.

Sampel genetik berguna untuk mengetahui apakah telur tersebut berasal dari reproduksi seksual atau aseksual. Spesies ular memang diketahui bisa melakukan reproduksi dengan cara aseksual yang disebut facultative parthenogenesis.


Ular piton merupakan salah satu spesies ular yang bisa melakukan reproduksi secara aseksual. Meski tidak biasa, tapi ada yang melakukan hal tersebut. Ular piton betina biasanya menyimpan sel sperma pejantan untuk kemudian melakukan delayed fertilization atau pembuahan yang tertunda.

Ular piton betina di kebun binatang St.Louis itu diketahui pernah bertelur di tahun 1990 dan 2009. Untuk telur yang dihasilkan di tahun 2009, tidak ada telur yang berhasil ditetaskan alias tidak ada yang survive. Baru di tahun 2020 ini ular piton betina tersebut bertelur lagi.



Simak Video "Damkar Parepare Tangkap Ular Piton yang Teror Warga"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA