Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 18 Sep 2020 18:02 WIB

TRAVEL NEWS

Hiking di Sentul: Terapi Anak Berkebutuhan Khusus Hingga Plesiran Selebriti

Femi Diah
detikTravel
Hiking di Sentul
Hiking di Sentul menjadi primadona traveler DKI Jakarta saat pandemi virus Corona. (Grandyos Zafna/detikFOTO)
Sentul -

Hiking di Sentul diminati traveler dari berbagai kalangan. Operator juga tak membatasi hiking, baik untuk anak-anak berkebutuhan khusus hingga selebriti.

Hiking di Sentul sedang diminati traveler dari DKI Jakarta setelah pandemi virus Corona. Lokasinya yang cuma butuh berkendara sekitar satu jam dari ibu kota dan menawarkan beragam trek makin menggiurkan.

Dari unggahan Instagram yang dibagikan kepada follower-nya, sejumlah selebriti pun memilih Sentul untuk berwisata di alam bebas. Di antaranya, Sophia Latjuba, Wulan Guritno, Ari Wibowo bersama keluarga, dan Nadine Candrawinata.

"Mereka hiking di Sentul saat PSBB DKI Jakarta dilonggarkan. Sejauh ini, kami menginformasikan paket hiking ini dari mulut ke mulut dan Instagram," kata Robi Robin Darnawan, pendiri Jakarta Trekking Sentul.

Indonesia Trail Walker juga sempat mendampingi aktor dan model Aryo Bayu di pekan terakhir sebelum DKI Jakarta PSBB lagi.

[Gambas:Instagram]



"Sebenarnya kami tidak membatasi peserta, selebriti atau bukan. Siapa saja boleh. Semua yang datang kami anggap tamu spesial. Baik itu anak-anak, remaja, dewasa, atau lansia," ujar Robi.

Makanya, Jakarta Trekking Sentul cermat memilih guide yang ditugaskan. Biasanya, sih menimbang usia traveler.

"Kami harus siapkan guide yang pas untuk mendampingi traveler, mana yang tepat untuk mendampingi anak-anak atau lansia. Juga, untuk menentukan rute saat hiking di Sentul," ujar Robi.

Apalagi, Jakarta Trekking Sentul tak semata-mata menawarkan hiking, namun mengenalkan traveler kepada kekayaan flora dan fauna di kawasan itu. kebetulan guide di Jakarta Trekking Sentul mayoritas adalah petani yang terpaksa beralih profesi menjadi guide setelah lahan mereka dibeli oleh tuan tanah.

Langkah serupa juga ditempuh oleh Sentul Hill Trekking. Salah satu pengelola Sentul Hill Treking, Agus Mulyana, menyebut awalnya malah mereka membuka trip hiking di Sentul itu untuk terapi anak-anak berkebutuhan khusus.

[Gambas:Instagram]



Sentul Hill Trekking pun membekali guide dengan pengetahuan menangani anak-anak berkebutuhan khusus selain dasar-dasar guide berwisata di alam bebas.

"Tamu bisa siapa saja, belakangan banyakan family trip," ujar Agus.

Karena pandemi virus Corona, tiga operator hiking di Sentul itu sama-sama cuma melayani trip privat.

[Gambas:Video 20detik]



(fem/ddn)
BERITA TERKAIT