Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 21 Sep 2020 21:15 WIB

TRAVEL NEWS

Sempat Sakit, Gli Bikin Pengunjung Hagia Sophia Cemas

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Kucing Hagia Sophia
Gli, kucing selebriti penunggu Hagia Sophia (hagiasophiacat/instagram)
Istanbul -

Bicara situs Hagia Sophia yang telah beralih fungsi jadi masjid, tak lengkap tanpa si kucing gemas bernama Gli. Kabar terakhir, kucing itu sempat sakit.

Selain sejarah panjang yang mengisi Hagia Sophia di Istanbul, bangunan bersejarah tiga agama yang kini menjadi masjid itu tak lepas dari sang penghuni berbulu bernama Gli.

Diketahui, Gli telah tinggal di Hagia Sophia selama 16 tahun dan menjadi salah satu daya tarik di sana. Bahkan, kucing abu-abu dengan mata hijau ini juga menjadi favorit Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama.

Walau telah menjadi masjid, tapi juru bicara Presiden Recep Tayyip Erdogan, Ibrahim Kalin tetap mengizinkan Gli tinggal di situ. Termasuk juga sejumlah kucing lain yang biasa hilir mudik di sana.

Bahkan saking populernya, Gli punya satu akun Instagram yang didedikasikan khusus untuknya loh. Namun, kabar terakhir menyebut kalau Gli sempat sakit dan membuat banyak traveler cemas.

Dilihat detikTravel dari laman Facebook pribadi Gli yang dikelola oleh Özlem Kabasakal selaku pemandu wisata di Hagia Sophia, Senin (21/9/2020), sang kucing kesayangan itu bahkan sempat diisolasi sejak Jumat lalu (18/9).

"Teman-teman semua, belakangan aku lebih sering diam karena sakit. Sudah seminggu aku dirawat di dokter hewan. Kini aku sudah kembali ke rumah," tulis Kabasakal yang mengabarkan kondisi Gli.

[Gambas:Instagram]


Terhitung sejak Jumat lalu, Gli telah pulang ke Hagia Sophia. Tak hanya itu, Gli juga mendapat ruang khusus karena disebut sudah bisa melihat kerumunan akibat fungsi jantungnya yang kian lemah.

Lebih lanjut, Kabasakal meminta agar semua orang mendoakan kesehatan Gli.

"Hal terindah yang bisa teman-teman lakukan untukku adalah mendoakanku. Jangan lupa untuk membagi cinta dengan teman-teman berbulu lain," tutup Kabasakal.

Dikenal sebagai kucing selebriti, Gli punya sekitar 104 ribu pengikut di Instagram. Sosoknya sendiri kian populer seiring dengan rencana pengubahan Museum Hagia Sophia menjadi masjid beberapa waktu lalu.



Simak Video "Bahagianya Warga Turki Bisa Jumatan di Masjid Hagia Sophia"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA