Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 24 Jul 2020 22:16 WIB

TRAVEL NEWS

Erdogan Izinkan Gli, Kucing Populer Hagia Sophia Tinggal di Masjid

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Kucing Hagia Sophia
Foto: (hagiasophiacat/instagram)
Jakarta -

Gli, kucing menggemaskan yang tinggal di Hagia Sophia memiliki banyak penggemar. Tapi, setelah bangunan ini telah menjadi masjid, bagaimana nasibnya?

Dikutip dari Reuters oleh detikcom, kucing yang telah tinggal di Hagia Sophia selama 16 tahun, Gli menjadi salah satu daya tarik di Hagia Sophia. Bahkan, kucing abu-abu dengan bermata hijau ini menjadi favorit Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama lho.

Lalu, saat bangunan ikonik di Turki ini sudah tak menjadi museum, banyak orang-orang yang bertanya, apakah Gli harus meninggalkan tempat tinggalnya? Dimana dia harus tinggal?

Ternyata, Gli masih bisa tetap tinggal di Hagia Sophia meskipun statusnya telah berubah menjadi masjid. Juru bicara Presiden Recep Tayyip Erdogan, Ibrahim Kalin mengatakan kepada Reuters bahwa Gli, beserta kucing lain di sekitar Hagia Sophia akan tetap berada di sana.

"Kucing itu akan ada di sana dan semua kucing dipersilahkan ke masjid kami," katanya.

Ini menjadi kabar gembira bagi Umut Bahceci, pemandu wisata yang membuat akun instagram untuk Gli sejak empat tahun lalu. Sekarang, akun yang berisi foto-foto Gli sudah memiliki 48 ribu pengikut.

Saya mulai memperhatikan Gli setiap kali saya pergi (ke Hagia Sophia) karena Gli berpose untuk orang-orang seperti model," kata Umut kepada Reuters.

Kucing Hagia SophiaKucing Hagia Sophia Foto: (hagiasophiacat/instagram)

"Saya mendapat isyarat seperti,'Gli, kami akan datang ke Istanbul untuk melihatmu,' Ini benar-benar perasaan yang sangat menyenangkan," tambahnya.

Menurut Hagia Sophia Turkey, seorang arkeolog yang telah bekerja selama bertahun-tahun di Hagia Sophia, Defne Bali sudah seperti ibu bagi Gli. Kucing gembul ini memiliki satu saudara laki-laki bernama Pati dan saudara perempuan bernama Kizim, mereka lahir pada tahun 2004.

Sayangnya, Pati mati dan Kizim saat masih kecil terperosok di salah satu lubang di Hagia Sophia. Dia berhasil diselamatkan karena mengeong terus menerus namun karena kejadian itu dia berhenti mengeong selama 2 tahun.

Kucing Hagia SophiaKucing Hagia Sophia Foto: (hagiasophiacat/instagram)

Gli menjadi terkenal sejak Recep Tayyip Erdogan dan Obama membelainya. Dikutip dari CNN Indonesia, Gli lebih senang rebahan di dekat mimbar atau jendela, padahal waktu masih muda Gli senang mengejar burung. Tapi dengan kondisi matanya yang juling, dia tidak lagi fit seperti dulu.

Kalau sedang minta dielus, biasanya dia mendekati turis yang sedang memotretnya. Gemas ya?



Simak Video "Italia Ditahan Imbang Bosnia-Herzegovina"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT