Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 25 Sep 2020 20:08 WIB

TRAVEL NEWS

Pernah Didatangi Jokowi, Mengenal Lagi JungleLand di Masa Jayanya

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Taman rekreasi di Sentul, Bogor
Bianglala di JungleLand Sentul, Bogor (Randy/detikTravel)
Bogor -

Masih tutup di tengah masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), JungleLand Sentul diwarnai oleh isu seputar karyawannya yang belum digaji 6 bulan. Ayo lihat lagi JungleLand di masa jayanya.

Adalah JungleLand Adventure Theme Park Sentul atau yang kerap disingkat JungleLand Sentul, sebuah taman rekreasi semi outdoor yang berada di kawasan Bogor, Jawa Barat.

JungleLand berada di bawah naungan PT Graha Andrasentra Propertindo Tbk (JGLE). Perusahaan ini memayungi JungleLand Sentul dan The Jungle Bogor. Selanjutnya, JGLE merupakan anak usaha dari PT Surya Global Nusantara dengan kepemilikan 38,76%. Lalu, PT Surya Global Nusantara merupakan anak usaha PT Bakrieland Development Tbk (ELTY) Tbk dengan kepemilikan 100%.

Memiliki luas hingga 35 hektar, JungleLand terbagi ke dalam 4 zona wahana utama. Yakni Zona Carnivalia, Zona Mysteria, Zona Explora, dan Zona Tropicalia. Masing - masing zona memiliki keistimewaan dan wahana yang berbeda.

Terdapat juga Science Center sebagai wahana edukatif yang mencakup ilmu sains seperti pemanasan global dan robot.

wahana baru di junglelandWahana Hydrolift di JungleLand (dok JungleLand)

Zona Carnivalia memiliki 14 wahana yang patut untuk dicoba, seperti Bumper Car, Air Race, dan Discovery. Ada juga wahana Disc O, Kiddy Land, Ferrish Wheel, Haunted House, Caroussel, Rainbow Train dan Daytona.

Zona Mysteria memiliki 8 wahana yaitu Snake Coaster, Magic Bike, Jeep Tour, Hydrolift, Mega Drop, dll. Sedangkan Zona Explora memiliki 3 wahana bertema fauna yaitu wahana Octopus, Safari Dino, dan Animal Corner. Zona Tropicalia memiliki 11 wahana seperti Ship Adventure, Wave Swinger, Texan Train, dan Mini Bumper Car.

Juga ada wahana Convoy 6, Happy Swing, Harvest Time, Happy Train, Mini Ferrish Wheel dan lainnya. Yang terbaru, ada juga wahana Gundala Mega Drop yang terinspirasi dari film karya Joko Anwar dengan judul serupa yang tayang Oktober 2019 lalu.

Presiden Jokowi ajak cucu main ke JungleLandPresiden Jokowi ajak cucu main ke JungleLand (20/6/2018) (dok. Korem 061/Suryakencana)

Di bulan Juni 2018 silam, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahkan sempat mengajak cucu tercintanya Jan Ethes berwisata ke JungleLand. Kala itu, Jokowi juga didampingi oleh sang istri Ibu Negara Iriana, kedua putranya, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, serta menantunya, Selvi Ananda.

Kala itu Jokowi berkeliling ke sejumlah wahana di JungleLand, seperti Animal Corner dan Safari Dino. Pengunjung saat itu terpantau ramai dan Jokowi meladeni permintaan foto bersama pengunjung. Dia berada di lokasi selama sekitar 1,5 jam.

Apabila ditotal, ada sekitar 37 wahana di JungleLand Sentul yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Belum lagi sejumlah event seperti karnaval yang biasa diadakan hampir tiap pekan untuk menghibur pengunjung.

Kini, semua wahana dan event yang sedianya membuat JungleLand bersinar mulai padam di hadapan pandemi COVID-19 yang memaksanya tutup sejak 20 Maret silam. Di mana hal itu turut berimbas pada kesejahteraan karyawan yang bergantung di dalamnya.

(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA