Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 28 Sep 2020 11:46 WIB

TRAVEL NEWS

JungleLand Akui Belum Bayar Gaji dan THR Pegawai

CNBC Indonesia
detikTravel
Salah satu wahana paling favorit anak-anak di JungleLand, Sentul
Salah satu wanaha favorit anak-anak di JungleLand Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta -

JungleLand jadi sorotan usai netizen menyerbu medsos Nia Ramadhani terkait gaji pegawai. JungleLand pun mengaku, mereka memang belum membayar gaji dan THR pegawai.

PT Graha Andrasentra Propertindo Tbk (JGLE) selaku pengelola The Jungle Waterpark Bogor dan induk usaha dari PT Jungleland Asia (PT JLA) selaku pengelola JungleLand Adventure Theme Park mengakui belum membayar gaji pegawai di bulan Februari-Maret 2020 dan tunjangan hari raya (THR).

Penyebabnya tak lain adalah pandemi virus Corona (COVID-19) yang membuat dua sarana hiburan dan bermain itu terhambat beroperasi, bahkan harus tutup. Dengan kondisi itu, terdapat 762 orang pegawai yang terdampak pandemi COVID-19 per 31 Agustus 2020.

Chief Investor Relations and Corporate Affairs Officer Graha Andrasentra Propertindo Nuzirman Nurdin menerangkan untuk gaji di bulan Februari mulai dibayar bertahap, sementara bulan Maret belum sama sekali.

"Sebanyak 410 orang di antaranya dari PT JLA, di mana gaji Februari 2020 (total kurang bayar 38%) dan Maret 2020 (100%) belum terbayarkan pada saat JLA ditutup operasinya karena dampak pandemic COVID-19 dan pemberlakuan PSBB di wilayah Jabodetabek,'' kata Nuzirman dikutip dari CNBC Indonesia, Senin (28/9/2020).

Oleh sebab itu, ia membantah tuduhan perusahaan tak membayar gaji hingga 6 bulan.

"Dengan demikian, yang dikatakan terjadi penundaan gaji selama 6 bulan adalah tidak berdasar," tegas Nuzirman.

Untuk THR 2020 memang dilakukan penundaan mengikuti ketentuan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terhadap perusahaan yang terdampak pandemi COVID-19.

Nuzirman memaparkan, sesuai dengan Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor M/6/HI.00.01/V/2020 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2020 di Perusahaan dalam masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), bahwa perusahaan yang tidak mampu membayar THR Tahun 2020 sama sekali pada waktu yang ditentukan karena terdampak pandemic COVID-19, maka pembayaran THR diperkenankan ditunda maksimal sampai dengan akhir Tahun 2020 (SE Menaker No. M/6/HI.00.01/V/2020).

Nuzirman menegaskan, THR yang belum dibayarkan hanya untuk tahun 2020, sementara tahun-tahun sebelumnya sudah lunas.

"Terkait pembayaran gaji Februari-Maret dan THR 2020 yang terutang, kami terus mengupayakan untuk dapat melunasinya melalui dukungan dari unit usaha lain yang telah diperbolehkan beroperasi maupun melalui divestasi aset," tegas dia.

Menurutnya, selama JungleLand tutup, pegawai dirumahkan tanpa gaji atau dibebaskan dari kewajiban bekerja (berlaku prinsip no work no pay). Meski begitu, perseroan masih memiliki potensi usaha yang baik, dan akan dimanfaatkan untuk menyelesaikan persoalan gaji dan THR pegawai ini.

Saat ini, taman rekreasi air perseroan telah mendapatkan izin untuk beroperasi kembali di pertengahan Juli 2020. Lalu juga waterpark itu telah memiliki pendapatan di bulan Agustus 2020, dengan besaran relatif sama dengan pendapatan di bulan-bulan sebelum wabah COVID-19 terjadi.

"Hal ini menjadi indikasi yang baik mengingat kinerja ini dicapai ketika wabah COVID masih berlangsung hingga saat ini," tuturnya.

Namun, menurutnya upaya menyelesaikan persoalan ini tak mudah mengingat ketika pandemi memaksa dua wahana itu tutup, perseroan tak mendapatkan pemasukan sama sekali.

"Namun dengan kondisi saat ini di mana pandemi COVID-19 dan pemberlakuan PSBB terus berlangsung, upaya-upaya tidak semudah yang dibayangkan," jelasnya.

Untuk iuran BPJS Kesehatan menurutnya tetap dibayarkan perusahaan, karena manfaatnya sangat dibutuhkan pegawai. Namun, untuk iuran BPJS Ketenagakerjaan memang dilakukan penunggakan. Namun, perseroan akan tetap membayarkan langsung kepada karyawan yang berhenti bekerja.

Sebelumnya, postingan Nia Ramadhani di Instagram @ramadhaniabakrie tiba-tiba heboh. Sebab, postingan itu dikomentari netizen yang mengeluh soal kondisi JungleLand.

Istri dari Anindra Ardiansyah Bakrie ini mulanya menggunggah fotonya dengan caption 'A sweeter smile and a brighter day'. Kemudian, netizen menyampaikan keluhannya di JungleLand di kolom komentar. Salah satunya akun @rizaldinaldianputra.

"Mbak sangat kaya sekali . mbak tolong kash tau ke keluarga besar bakrie kalo kita jungleland blum di gaji ini selama 6 bulan menunggu belum di bayar juga.. tapi mbak terlihat menawan atas kekayaan itu.. smga bisa tersampaikan," tulis akun @rizaldinaldianputra.



Simak Video "Dikabarkan Sakit hingga Berobat di AS, Ini kata Nia Ramadhani"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA