Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 30 Sep 2020 12:45 WIB

TRAVEL NEWS

Pantai Karapyak Pangandaran Mulai Ditata, Bak Halaman Resor

Faizal Amiruddin
detikTravel
Pantai Karapyak Pangandaran
Penataan Pantai Karapyak Pangandaran (Foto: Faizal Amiruddin/detikcom)
Pangandaran -

Pemerintah Kabupaten Pangandaran mulai melakukan penataan di kawasan Pantai Karapyak, Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang. Kawasan pantai yang dikenal dengan hamparan karang yang indah ini diharapkan bisa menjadi alternatif destinasi wisata di sana.

Penataan Pantai Karapyak dilakukan dengan membangun jalur pedestarian sepanjang 325 meter, pembangunan gazebo, toilet umum dan bangunan pusat penjualan oleh-oleh. Pembangunan yang menelan biaya Rp 3,1 miliar ini ditargetkan selesai akhir tahun ini.

"Bentuk atap bangunan mengikuti desain khas Pangandaran, desain Julang Ngapak," kata Agus Mulyana, pelaksana pembangunan di lokasi, Rabu (30/9/2020).

Kepala Desa Bagolo Rahman Hidayat menyatakan apresiasinya atas langkah pemkab yang mulai melakukan penataan di Pantai Karapyak. Dia meyakini setelah dilakukan penataan, Pantai Karapyak akan mampu menyedot lebih banyak wisatawan.

"Kini pemerintah mulai melakukan penataan, sebelumnya sudah ada beberapa pihak investor yang membangun fasilitas resort dan bungalow. Ya mudah-mudahan saja Pantai Karapyak semakin ramai," kata Rahman.

Dia mengakui selama ini Pantai Karapyak bukan destinasi utama, melainkan hanya sebatas persinggahan wisatawan yang hendak ke Pantai Pangandaran. Namun seiring penataan dan penambahan fasilitas, Pantai Karapyak bisa menjadi tujuan utama.

Pantai Karapyak PangandaranGambar render penataan Pantai Karapyak Pangandaran (Foto: Faizal Amiruddin/detikcom)

Hal yang menjadi pembeda atau keunggulan Pantai Karapyak adalah suasananya yang masih relatif sepi dan tenang. Bibir pantai dipenuhi vegetasi yang membuat suasana lebih sejuk.

Lokasinya sekitar 10 kilometer sebelum Pantai Pangandaran. Hanya butuh waktu 10 menit dari jalur utama menuju Pangandaran untuk sampai di Pantai Karapyak.

Pantai Karapyak memang tak seramai Pantai Timur atau Pantai Barat Pangandaran. Namun bagi sebagian orang, suasana sepi justru menjadi daya tarik. Hembusan angin, pohon rindang dan suara ombak berkejaran, sanggup membangun suasana tenang saat menghabiskan waktu di Pantai Karapyak.

Di Pantai Karapyak pengunjung tak diperkenankan berenang mengingat arus ombak cukup kuat. Namun hal itu digantikan oleh hamparan karang yang indah.

Pengunjung terutama anak-anak bisa mencari kelomang, cangkang kerang dan biota laut lain untuk dibawa pulang. Kondisi pantai yang bersih terawat membuat kawasan ini cocok untuk makan bersama lesehan di pinggir pantai.

Jika sedang beruntung, pengunjung juga bisa membeli udang atau lobster hasil tangkapan nelayan. Tentu saja selain kondisinya segar, harganya pun lebih murah. Di Pantai Karapyak pun telah tersedia resort dan resto yang cukup representatif dan berada di atas bukit.



Simak Video "Usai Gempa M 5,6, Pengunjung di Pantai Pangandaran Masih Ramai"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA