Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 01 Okt 2020 11:05 WIB

TRAVEL NEWS

Pesawat Tetap Jadi Andalan Kampanye Capres AS di Era Pandemi

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Boeing 757 milik Donald Trump
Boeing 757 milik Donald Trump (Foto: CNN)
Washington -

Pesawat jadi transportasi utama dalam kampanye. Alasannya, bus dan kendaraan darat akan tetap dikandangkan karena tak memungkinkan untuk membuat jaga jarak.

Dalam hal ini, kampanye yang disorot ada di Amerika Serikat. Diberitakan CNN, Kamis (1/10/2020) karena pandemi, jumlah massa dan waktu kampanye jadi terbatas.

Pesawat telah memainkan peran dalam kampanye kepresidenan AS selama beberapa dekade. Sejarawan penerbangan menyebut pandemi telah membuat pesawat jadi begitu penting pada tahun 2020, memaksa kandidat untuk menggunakan pesawat secara lebih strategis sebagai cara tercepat dan teraman untuk berkampanye.

Sejarah kampanye dengan pesawat dimulai pada tahun 1932 ketika Great Depression menyelimuti pemilihan presiden AS. Gubernur New York, Franklin D. Roosevelt, berkampanye secara dramatis saat dicalonkan dari Partai Demokrat.

Bekerja dengan American Airways, sekarang American Airlines, sekretaris Roosevelt, Guernsey Cross, mengatur untuk menyewa sebuah Ford Tri-Motor, sebuah pesawat komersial standar awal tahun 1930-an. Penerbangan kontroversial karena dianggap tak aman untuk VVIP.

Selanjutnya, pesawat kepresidenan sudah mapan ketika kampanye kepresidenan tahun 1960. John F. Kennedy menjadi kandidat pertama yang menggunakan pesawat pribadinya, Convair CV-240, untuk berkampanye.

Dengan pesawat itu memungkinkan Kennedy melakukan perjalanan lebih dari 225.000 mil dan berkampanye dengan lebih efisien. Sejak saat itu, kandidat presiden menggunakan pesawat pribadi secara ekstensif selama kampanye mereka. Sebagian besar pesawat kampanye adalah sewaan atau dimiliki oleh tim kampanye.

Pada tahun 2012, para kandidat pemimpin menggunakan jet pribadi untuk perjalanan kampanye. Mitt Romney menyewa MD-83 1990, sementara pasangannya, Paul Ryan, menggunakan DC-9-32 1970.

Tapi mungkin penggunaan pesawat pribadi yang paling mencolok dalam kampanye kepresidenan adalah penggunaan Boeing 757. Pesawat ini milik Donald Trump dan digunakan dalam pemilihan presiden 2016.

Trump menggunakan pesawat itu dan namanya terukir di badan pesawat. Pesawat tidak hanya memungkinkan bepergian dengan mudah tetapi juga membantu mempromosikan nama Trump di setiap perhentian kampanyenya.

Jet pribadi muncul kembali sebagai cara teraman untuk bepergian selama pandemi Corona. Ada kontrol yang lebih besar atas penumpang dan lebih mudah membuat jarak sosial.

Baik Air Force One dan jet pribadi telah tampil menonjol dalam pemilihan presiden 2020. Kedua kandidat berusia tujuh puluhan dan berisiko lebih besar terkena infeksi.

Pemilihan presiden 2020 dimulai di tengah perintah untuk tetap tinggal di rumah. Presiden Donald Trump dan Joe Biden sebagian besar dibatasi selama beberapa bulan pertama dan keduanya akan menggunakan pesawat jika diperlukan untuk berkampanye.

Bagaimana dengan Indonesia?

(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA