Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 05 Okt 2020 13:17 WIB

TRAVEL NEWS

Suriname dan Indonesia Bebas Visa, Berapa Jam Terbang ke Sana?

Femi Diah
detikTravel
bendera Suriname
Bendera Suriname Foto: Getty Images/iStockphoto/Oleksii Liskonih
Jakarta -

Pemerintah Suriname dan Indonesia telah memberlakukan bebas visa. Andai ingin ke sana, traveler harus siap menjalani penerbangan lebih dari 24 jam.

Dikutip dari situs Kemlu, bebas visa Suriname untuk WNI itu bahkan sudah berlaku sejak tanggal 1 September 2020. Bebas visa itu secara resmi berlaku dan diberikan bagi WNI pemegang paspor diplomatik, paspor dinas dan paspor biasa.

"WNI pemegang paspor diplomatik, paspor dinas dan paspor biasa dengan masa berlaku minimal 6 bulan, dapat masuk, keluar, transit atau tinggal tanpa visa di Suriname apabila tidak lebih dari 30 hari. Begitupun sebaliknya dengan Warga Negara Suriname yang berkunjung ke Indonesia," begitulah keterangan yang disampaikan oleh situs Kemlu.

Persetujuan bebas visa antara Suriname, yang merupakan negara di Amerika Selatan dan sebagian penduduknya berasal dari Pulau Jawa itu, dan Indonesia itu ditandatangani oleh Menlu RI dan Menlu Suriname pada Mei 2019.

"Bebas visa ini merupakan kesempatan untuk meningkatkan people-to-people contact antara warga kedua negara serta dalam meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi. Suriname, dengan masyarakat keturunan Jawa sebagai etnis ketiga terbesar merupakan potensi yang besar bagi masuknya arus wisatawan dari Suriname ke Indonesia."

"Meskipun terdapat tantangan seperti masalah jarak dan konektivitas, diharapkan dengan adanya bebas visa antara Indonesia-Suriname, dapat menjadi momentum baik kedua negara dalam meningkatkan hubungan bilateral di bidang ekonomi, budaya dan kerja sama lain di berbagai bidang dengan strategi yang kreatif dan inovatif."

Ya, Suriname yang berada di Amerika Selatan biasanya dicapai dengan penerbangan yang transit di Amsterdam. Wego mencatat penerbangan tercepat dari Jakarta ke Suriname adalah dari Jakarta ke Paramaribo, dengan waktu tempuh sekitar 26 jam dan 10 menit.

Sebagai gambaran dengan Garuda Indonesia dari Bandara Soekarno Hatta di Cengkareng, traveler akan transit di Bandara Changi lebih dulu, kemudian berganti dengan maskapai KLM menuju Bandara Schiphol.

Waktu tempuh dari Jakarta ke Singapura kurang lebih satu jam. Sementara itu, dari Singapura ke Amsterdam bakal memakan waktu sekitar 13 jam dan 14 menit.

Barulah dari Bandara Schiphol, traveler terbang ke Bandara Johan Adolf Pengel di Paraaribo. Traveler akan berada di dalam pesawat selama 9 jam dan 20 menit untuk rute ini.

Dikutip dari beberapa situs penyedia tiket, harga tiket penerbangan Jakarta-Suriname memang bikin kantong tipis. Setidaknya traveler harus merogoh kocek mulai dari Rp 47 jutaan hingga Rp 71 jutaan untuk penerbangan pulang pergi.



Simak Video "Ada Promo Menarik! Trans Studio Cibubur Diserbu Pengunjung"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA