Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 08 Okt 2020 07:12 WIB

TRAVEL NEWS

Hiu Raksasa Berjuluk Ratu Lautan Ditangkap, Buat Apa?

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Hiu putih
Hiu putih (Foto: OCEARCH)
Jakarta -

Seekor hiu putih besar yang dijuluki Queen of the Ocean atau Ratu Lautan ditangkap oleh peneliti. Predator berusia 50 tahun itu akan diberi tanda.

Diberitakan CNN, para peneliti yang bekerja di perairan Nova Scotia, Kanada, telah menemukan hiu putih yang sangat besar. Total beratnya mencapai 1,6 ton dengan panjang 5,3 meter.

Adalah para ilmuwan dari OCEARCH, sebuah LSM yang menandai dan mengambil sampel dari hiu putih ini. Mereka menggambarkan hiu berkelamin betina ini sebagai Ratu Lautan dan mengatakan bahwa mereka memanggilnya Nukumi.

"Kami menamainya Nukumi, diucapkan noo-goo-mee, untuk sosok nenek tua bijak legendaris dari suku asli Amerika Mi'kmaq," tulis Ocearch dalam unggahan di Facebooknya Sabtu.

Budaya Suku Mi'kmaq memiliki akar yang mendalam di Nova Scotia, menurut unggahan tersebut.

"Dengan data baru yang kami kumpulkan, hiu pemimpin ini akan membagikan pengalamannya dengan kami selama bertahun-tahun yang akan datang," tulis OCEARCH.

Nukumi adalah yang terbesar dari delapan hiu putih besar yang telah diambil sampelnya oleh para peneliti selama ekspedisi saat ini. Perjalanan mereka sudah berlangsung selama 27 hari pada hari Senin.

OCEARCH juga mengunggah video yang menunjukkan Nukumi atau hiu putih Queen of the Ocean berbaring di platform kapal selam khusus, yang dibangun di sisi kapal penelitian dan ada peneliti di sekitarnya. Hewan itu kemudian berenang menjauh.

OCEARCH adalah organisasi pengumpulan data lautan yang telah menandai dan mengumpulkan sampel dari ratusan hiu, lumba-lumba, anjing laut, dan hewan lainnya.

Grup tersebut menggunakan data tersebut untuk mempelajari pola migrasi dan mengungkap detail perilaku yang sebelumnya tidak diketahui tentang kehidupan hiu.

Pada Oktober 2019, OCEARCH menangkap dan menandai hiu jantan yang mereka beri nama Ironbound off Lunenburg, Nova Scotia.

Pada akhir Desember, pelacaknya menunjukkan hiu sepanjang 3,7 meter telah melakukan perjalanan 2.370 kilometer dari Pantai Timur AS ke Key Biscayne, dekat Miami, kata OCEARCH pada saat itu.

Hiu putih besar adalah ikan predator terbesar di dunia, menurut Federasi Satwa Liar Dunia (WWF). Saat mendapat buruan, diketahui bahwa mereka akan merobek sebagian mangsanya, yang kemudian ditelan utuh.

Terlepas dari reputasi mereka yang menakutkan, WWF mengatakan hiu putih adalah spesies yang rentan dan jumlahnya terus menurun.



Simak Video "Detik-detik Hiu Paus Terdampar di Cianjur, Dagingnya Dipotong Warga"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA