Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 18 Okt 2020 13:25 WIB

TRAVEL NEWS

Lewat Bangau Raksasa di Sawah, Korea Kirimkan Semangat Lawan Corona

Femi Diah
detikTravel
Bangau raksasa di Suncheon, Korsel
Bangau rakasa di tengah sawah Suncheon di Korsel suntikkan semangat lawan Corona. (AFP/ED JONES0
Jakarta -

Petani di Suncheon, Korea Selatan kreatif banget mendukung warga melawan virus Corona. Seekor bangau raksasa dibuat di atas hamparan sawah.

Seekor burung bangau raksasa terbang membentang di atas hamparan sawah nan hijau. Di bawahnya terdapat tulisan yang juga dibuat dengan ukuran besar,"Tetap semangat!"

Burung bangau raksasa itu 'terbang' di persawahan Suncheon, sekitar 320 km dari Seoul. Pola burung bangau itu bukan dibuat dari kertas seperti layang-layang atau jerami layaknya orang-orangan sawah. Burung bangau itu bisa tampak berbeda merupakan padi dari varietas berbeda.

Seni instalasi iu merupakan bagian dari promosi wisata Suncheon. rangkaian bangau dan kalimat penyemangat ditanam oleh anak-anak dan petani setempat.

Bangau raksasa dan instalasi seni lain di sawan Suncheon, KorselBangau raksasa dan instalasi seni lain di sawan Suncheon, Korsel Foto: AFP/ED JONES

Selain bangau, ada juga pola kepik besar juga dibuat di sana. Itu melambangkan pertanian rendah pestisida. Ya, kepik kembali muncul setelah pestisida dikurangi.

Selain itu ada burung bangau dan seekor ikan. Keduanya merupakan maskot lokal. Juga, instalasi seorang petani membajak sawah dengan lembu.

Tidak kurang dari 500 orang-orangan sawah dengan pakaian tradisional Korsel hanbok juga dipajang di sekitar ladang untuk melindungi padi dari serangan burung yang kelaparan.

Proyek itu tidak rumit, namun juga bukan perkara gampang. Seorang petani setempat, Hyun Young-soo (63), menyebut instalasi itu membutuhkan perencanaan berbulan-bulan,

"Siswa sekolah dasar dan menengah, anggota berbagai kelompok di distrik, pedagang dan banyak lainnya berkumpul bersama," kata Hyun kepada AFP.

Bangau raksasa dan instalasi seni lain di sawan Suncheon, KorselBangau raksasa dan instalasi seni lain di sawan Suncheon, Korsel Foto: AFP/ED JONES

"Mulai dari awal menanam tanaman hingga akhir panen," dia menambahkan.

Suncheon dikenal sebagai kota ramah lingkungan yang sedang naik daun dalam jajaran wisata Korsel. Penyebabnya, Taman Teluk Suncheon yang populer di kalangan turis domestik dan mancanegara.

Mengutip tulisan dari thereshegoesagain.org, pemandangan di Suncheon mirip pemandangan Korea Selatan pada 1950-an sampai 1970-an. Kawasan itu juga sering dijadikan lokasi syuting film dan serial televisi.

Selain Taman Nasional Teluk Suncheon, jangan lupa juga kunjungi Seonamsa, pemukiman kuno Korea Selatan berikut kuilnya.

Di musim dingin, semi, gugur, dan panas, pemandangan di Suncheon ikut berubah sesuai musim yang berganti.



Simak Video "Tengah Bertelur, Seekor Bangau Terjebak di Kebakaran Hutan"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA