Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 21 Okt 2020 15:00 WIB

TRAVEL NEWS

Kemenparekraf Salurkan Dana Hibah Rp 3,3 T ke Pelaku Pariwisata

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Wishnutama kunjungan hotel OTG
Menparekraf Wishnutama (dok Kemenparekraf)
Jakarta -

Pemerintah di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan menyalurkan dana hibah pariwisata sebesar Rp 3,3 triliun. Tujuannya untuk membantu para pelaku pariwisata bertahan.

Hal itu diungkapkan oleh Menparekraf Wishnutama dalam webinar Komite Penanganan COVID-19 (KPC) dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di laman YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (21/10/2020) bersama Ketua Satgas PEN, Budi Gunadi Sadikin.

Di awal, Budi Gunadi menjelaskan kalau Kemenparekraf yang berada di bawah sektoral K/L dan Pemda mendapat sekitar 26,39% dari total distribusi anggaran program KPCPEN senilai Rp 695,2 triliun.

"Dari 6 program yang sudah dialokasikan anggarannya ke Kemenkeu, program di sektoral kementerian lembaga dan pemda, program di mana penyerapannya masih relatif lebih rendah," ujar Budi.

Dari sebagian dana yang dianggarkan untuk Kemenparekraf, Wishnutama selaku Menparekraf menganggarkan dana hibah pariwisata sekitar Rp 3,3 triliun bagi para pelaku pariwisata.

"Pemerintah telah menyiapkan dana hibah pariwisata sebesar Rp 3,3 triliun yang merupakan bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional guna membantu Pemerintah daerah serta industri hotel yang saat ini sangat mengalami penurunan pendapatan asli daerah (PAD) serta gangguan finansial akibat COVID-19," ujar Wishnutama.

Untuk informasi, dana pariwisata merupakan hibah dana tunai melalui mekanisme transfer ke daerah yang ditujukan lewat Pemda serta usaha sektor pariwisata seperti hotel dan restoran di 101 kota kabupaten yang berdasarkan beberapa kriteria.

"Pemerintah akan terus mengeluarkan berbagai kebijakan untuk dapat membantu sektor Parekraf agar dapat bangkit kembali," tutup Wishnutama.

Sebelumnya, wacana pemerintah untuk mengeluarkan dana hibah pariwisata telah bergulir sejak Rapat Koordinasi Pimpinan (RAKORPIM) Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) di Bintan, Jumat (25/9).



Simak Video "Kunjungi Bali, Menparekraf Tinjau Kesiapan New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA