Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 30 Okt 2020 17:36 WIB

TRAVEL NEWS

Warga Lamongan, Tempat Wisata Ini Gratis Lo!

Eko Sudjarwo
detikTravel
Wego Lamongan
Foto: (Eko Sudjarwo/detikcom)
Lamongan -

Demi menghibur warga di tengah pandemi, salah satu tempat wisata di Lamongan ini menggratiskan tiket masuk wisatanya.

Meski demikian, protokol kesehatan tetap diberlakukan demi mencegah penyebaran COVID-19. Lokasi wisata yang menggratiskan tiket masuk itu adalah Wisata Edukasi Gondang Outbond (Wego). Wego yang berada di Desa Deketagung, Kecamatan Sugio ini mulai menggratiskan tiket masuk sejak awal September lalu.

"Digratiskan sejak September lalu," kata salah satu pengelola Wego, Suharjito saat berbincang dengan wartawan, Jumat (30/10/2020).

Awal mula digratiskannya tiket masuk ke Wego ini, menurut Suharjito, adalah keinginan dari pemilik Wego, Suhandoyo untuk ikut menyenangkan dan menghibur masyarakat dengan wahana wisatanya.

Pasca boleh dibukanya lokasi wisata dengan menerapkan protokol kesehatan, aku Suharjito, lokasi wisata yang berada di kawasan Lamongan selatan ini masih sepi.

Wego LamonganWego Lamongan Foto: (Eko Sudjarwo/detikcom)

"Awal dibuka hingga Agustus lalu bisa dibilang nol pengunjung, lalu sejak dibuka lagi juga sepi, maka pemilik punya ide digratiskan," ujar Suharjito.

Dikatakan oleh Suharjito, alasan digratiskan itu karena pemilik ingin ikut merasakan ekonomi rakyat yang sedang sulit karena badai pandemi global. Bagi pemilik, aku Suharjito, saat sepi juga tetap mengeluarkan biaya perawatan dan biaya-biaya lainnya sehingga akan lebih baik jika digratiskan saja.

"Bagi pemilik, toh sepi juga mengeluarkan biaya perawatan dan biaya gaji, digratiskan untuk menggairahkan lagi masyarakat biar tidak sedih karena COVID-19," terangnya.

Sejak digratiskan September lalu, lanjut Suharjito, angka kunjungan wisata di Wego memang ramai dengan jumlah pengunjung dan hampir mendekati hari-hari normal seperti sebelum pandemi.

"Sama saja, tidak bisa diukur sejak kemarin ramai karena digratiskan," imbuh Suharjito seraya menambahkan kalau Wego akan digratiskan sampai tahun depan.

Wisata Edukasi Gondang Outbond (Wego) adalah wahana wisata yang berlokasi di Jalan Raya Waduk Gondang, Desa Deketagung, Kecamatan Sugio. Di tempat ini, pengunjung bisa belajar sambil berwisata melihat beragam pohon tropis.

Sebelum Masuk ke areal Wego, pengunjung bisa menikmati suasana hutan jati yang berada di sisi jalan. Masuk ke Wego, pengunjung akan disambut pesawat terbang jenis Boeing 737 dan Boeing 300 dimana kita bisa merasakan sensasi naik pesawat atau berswafoto.

Masuk lebih dalam, pengunjung Wego akan bisa melihat beragam tumbuhan tropis yang berjumlah 340 jenis pohon. Tempat wisata edukasi yang diresmikan pada tahun 2016 dan punya luas 23 hektare ini sendiri buka pukul 07.00 sampai 17.00 WIB.

Di dalamnya pengunjung bisa menikmati tanaman hydroponik dan jika mau merasakan outbond, Wego juga memanjakan pengunjung dengan banyak mainan dan arena tersebut seperti tempat bermain anak, flying fox, kereta gantung, panjat tebing, kolam renang waterpark, sirkuit mini untuk motor trail mini, dan ATV yang memiliki track 200 m. Selain itu, ada rumah dan pendopo serta aula pertemuan di wahana wisata edukasi ini.



Simak Video "Destinasi Menarik untuk Keluarga di Jawa Timur"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA