Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 02 Nov 2020 18:41 WIB

TRAVEL NEWS

SG Clean Jadi Senjata Singapura Ciptakan Pariwisata Aman

Pelayanan SG Clean
Foto: dok. STB Hijab Hunt
Jakarta -

Singapura menjadi salah satu negara favorit untuk berlibur. Negara yang terletak di lepas ujung selatan Semenanjung Malaya ini memiliki banyak destinasi wisata menarik, di antaranya Marina Bay Sands, Gardens by the Bay, Sentosa, Merlion, ataupun spot-spot menarik seperti spot mural, area hijau, atau spot ikonik dan bersejarah di Singapura.

Namun adanya pandemi membuat keseruan-keseruan berlibur di Singapura harus ditahan untuk sesaat. Tetaplah berada di rumah agar rantai penyebaran COVID-19 segera berakhir. Patut diingat liburan bisa menunggu lho. Sembari menantikan kondisi membaik, Singapura kini juga tengah menyambut wisatawan lagi.

Saat ini, Singapura telah menyiapkan sejumlah strategi untuk menjaga keamanan wisatawan lokal dan mancanegara. Salah satunya yaitu melalui sertifikasi SG Clean. SG Clean merupakan kampanye yang diluncurkan National Environment Agency (NEA) pada 16 Februari 2020 lalu.

Kampanye ini berupaya mengumpulkan para pemangku kepentingan dan anggota masyarakat untuk melakukan peran masing-masing dengan mengadopsi kebiasaan pribadi yang baik serta tanggung jawab sosial agar standar kebersihan di Singapura bisa terjaga.

Untuk mendapatkan sertifikasi, tempat wisata mesti memenuhi sejumlah syarat, di antaranya proses pemeriksaan suhu tubuh dan mengenali kondisi pegawai, meningkatkan frekuensi disinfeksi untuk area umum, dan menunjuk seorang manajer SG Clean.

Singapura memberlakukan kebijakan pengecekan suhu tubuh untuk para wisatawan yang datang. Petugas yang mengecek suhu tubuh juga akan memberikan hand sanitizer agar pengunjung bisa mencuci tangannya dengan bersih. Penerapan physical distancing pun juga tak lupa diterapkan oleh Singapura.

Pelayanan SG CleanSertifikasi SG Clean Foto: dok. STB Hijab Hunt


Selain itu untuk mendapatkan sertifikasi SG Clean, guna mengukuhkan keamanan berwisata, area-area publik, mulai dari bandara, berbagai tempat wisata, restoran didisinfeksi secara berkala untuk memastikan kebersihan dan kesterilan area-area tersebut.

Pelayanan SG CleanSertifikasi SG Clean Foto: dok. STB Hijab Hunt

Disinfeksi dilakukan dalam dua langkah, yakni secara manual dan otomatis. Dalam langkah manual, akan ada petugas yang melakukan penyemprotan ke benda-benda yang kerap disentuh oleh tangan, seperti troli, pegangan tangga, dan sebagainya. Kemudian ada juga robot-robot yang akan berkeliling untuk membersihkan dan mendisinfeksi area lantai secara otomatis.

Selain itu, dibuat pula sistem pelayanan tanpa kontak, seperti mesin check-in dan imigrasi di bandara, gerbang tiket masuk otomatis di tempat wisata, dan sistem check-in terintegrasi untuk keperluan pelacakan kontak individu terkait upaya mencegah penularan COVID-19.

Sertifikasi SG Clean ini telah dimiliki sejumlah hotel penginapan di Singapura, salah satunya adalah Grand Hyatt Singapore yang menjadi hotel pertama di Singapura yang mendapat sertifikasi ini. Grand Hyatt Singapore menerapkan berbagai protokol kesehatan ketat mulai dari bagian pendaftaran, seperti mewajibkan tamu yang datang harus berusia minimal 21 tahun, sanitasi pada permukaan meja, menyediakan hand sanitizer untuk para tamu, hingga mewajibkan penggunaan masker pada karyawan penerima tamu.

Lalu saat di kamar hotel, ada peningkatan frekuensi pembersihan filter udara untuk menjamin kebersihan udara kamar, menyediakan tisu alkohol yang bisa digunakan oleh para tamu, hingga hand sanitizer gratis yang bisa didapat dengan menelpon resepsionis.

Kemudian di ruang makan, Grand Hyatt Singapore menerapkan sistem manajemen keamanan pangan yang diakui secara global dan diaudit secara independen. Setiap meja dan kursi juga akan disanitasi sebelum dan setelah digunakan tamu, juga ada tisu alkohol yang bisa digunakan untuk membersihkan tangan.

Selain Grand Hyatt Singapore, hotel-hotel lain seperti Mercure at Bugis dan Royal Plaza on Scotts juga telah mendapat sertifikasi SG Clean karena telah menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dan siap menyambut turis yang ingin berwisata.

Tidak hanya ramah akan kebersihan, hotel-hotel di Singapura juga ramah bagi muslim karena menyediakan pilihan santapan bersertifikasi halal, menyediakan Alquran hingga tanda arah kiblat di kamar.

Biarkan imajinasimu berkelana melepas #KangenSingapura, Singapura menanti Anda #VisitSingapore.



Simak Video "Teruntuk kamu yang #KangenSingapura "
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA