Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 04 Nov 2020 08:42 WIB

TRAVEL NEWS

Bandara Terkutuk Berlin Berbiaya 7 M Euro Akhirnya Dibuka

Bandara Brandenburg Berlin
Bandara Brandenburg Berlin Jerman (Foto: CNN)
Berlin -

Pembangunan bandara ini sudah telat hampir 10 tahun. Biaya yang digelontorkan membengkak lebih dari 4 miliar euro.

Diberitakan CNN, inilah Bandara Brandenburg di Berlin, Jerman. Nahas, pembukaannya pada Sabtu lalu berbarengan dengan penerbangan dunia yang lumpuh oleh COVID-19.

Bandara Brandenburg berdiri di lahan seluas 1.470 hektar di wilayah Schönefeld, tenggara Berlin. Tujuan pembangunannya untuk menjadi pusat transportasi mutakhir yang belum dimiliki ibu kota Jerman dan membuka koneksi ke destinasi yang lebih banyak dan lebih jauh.

Proyek Bandara Brandenburg mendapat cobaan begitu banyak, dikeluhkan, tidak efisien, hingga ada yang menyebutnya dikutuk. Perjalanannya hingga dibuka tidaklah mudah dan pembukaannya kini jadi pertanda baik.

Badan perdagangan bandara Eropa, ACI, memperingatkan pada hari Selasa (3/11/2020) bahwa hampir 200 bandara di seluruh Eropa berisiko bangkrut dalam beberapa bulan dampak pandemi virus Corona. Lalu lintas penumpang turun 73% dibanding tahun lalu.

Berlin-Brandenburg Willy Brandt Airport (BER) dilaporkan telah diberikan bantuan negara sebesar 300 juta euro. Belum mengangkut satu penumpang pun.

Rencana untuk membangun bandara internasional di pusat Kota Berlin sudah ada sejak era reunifikasi. Setelah runtuhnya Tembok Berlin pada tahun 1989, para pemimpin Jerman memulai berdiskusi tentang pembangunan bandara baru, yang mereka yakini akan membantu membangun Berlin sebagai pusat dunia baru.

Pada saat itu, kota ini memiliki tiga bandara, Bandara Tegel Otto Lilienthal, Bandara Schönefeld, dan Bandara Tempelhof. Semuanya memainkan peran penting dalam sejarah pergolakan pasca-perang Berlin.

Bandara Brandenburg Berlin4 bandara di Berlin (Foto: CNN)

Tempelhof, dekat dengan pusat Berlin, telah ditutup dan menjadi taman. Tegel, melanjutkan dunia penerbangan dengan fasilitas yang sudah penuh sesak dan fasilitas usang dan akan ditutup pada 8 November nanti.

Bandara Schönefeld, diberi peringkat terburuk di dunia oleh online travel agen eDreams pada tahun 2017 dan ditutup pada 25 Oktober. Sebagian besar fasilitasnya dimasukkan ke Terminal 5 yang baru.

Jadi mengapa bandara baru, bernama resmi Bandara Berlin Brandenburg Willy Brandt butuh waktu lama untuk dibangun?

Selanjutnya: Komplikasi Bandara Brandenburg sejak awal >>>

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
BERITA TERKAIT
BACA JUGA