Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 09 Nov 2020 20:31 WIB

TRAVEL NEWS

Sedih, Ada Hotel di Jawa Barat Terancam Tutup-Dijual

Siti Fatimah
detikTravel
Rooftop cafe di Moxy Hotels, Bandung.
Salah satu hotel di Bandung (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Bandung -

Keadaan tak menentu berkepanjangan membuat bisnis akomodasi semakin terpuruk. Beberapa hotel di Jawa Barat terancam tutup dan dijual.

Lebih lanjut, Indonesia yang mengalami resesi setelah Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan pertumbuhan ekonomi kuartal III negatif 3,49% jadi faktor yang menguatkan. Industri perhotelan juga terkena imbasnya.

"Sudah pasti itu (terkena dampak) karena dengan resesi itu daya beli kan berkurang, sedangkan pengangguran meningkat, orang kembali ke daerah-daerah," kata Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat Herman Muchtar saat dihubungi usai acara Himpunan Humas Hotel Bandung (H3B), Senin (9/11/2020).

"Dengan daya beli itu berkurang, kan berdampak kepada hunian hotel juga akan berkurang, termasuk restoran," imbuh dia.

Ibarat jatuh tertimpa tangga, beberapa hotel juga sebelumnya sempat tutup karena Corona, kemudian semakin parah karena terdampak resesi. Sehingga pihaknya melihat beberapa hotel ada yang sampai dijual.

"Pada April yang belum buka sekitar 519 hotel. Juli 2020 kan buka, tapi masih ada sampai sekarang yang belum buka 15 persen lagi. Kan berlanjut, pandemi belum habis kita sudah masuk ke resesi. Dampaknya seperti itu. Apalagi ini sampai Desember," tambah Herman.

Ketua PHRI sekaligus Wakil Ketua Komite Pemulihan Ekonomi Jawa Barat ini juga mengungkapkan, saat ini ada banyak hotel yang tidak hanya ditutup tetapi sudah proses lego.

"Banyak hotel yang tutup, yang mau dijual banyak. Kecuali hotel bintang 4-5 masih bagus. Tapi average room rate (ARR) lebih rendah 40 persen dari normal," imbuhnya.

"Pemerintah harus tanggap dalam menyikapi resesi ini salah satunya dengan segera membelanjakan anggaran daerah. (Itu akan berdampak pada bisnis hotel)," pungkas dia.



Simak Video "Aroma Tempo Dulu Jalan Braga Bandung Jawa Barat"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA