Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 11 Nov 2020 09:05 WIB

TRAVEL NEWS

Orang Belanda 'Gila' Gowes, Sepeda Listrik Jadi Pilihan

Putu Intan
detikTravel
Bersepeda di Belanda
Bersepeda di Belanda. Foto: (CNN Travel)
Amsterdam -

Bersepeda atau gowes seolah telah menjadi kebutuhan pokok bagi warga Belanda. Mereka kini lebih suka menggunakan sepeda listrik daripada yang klasik.

Ngomong-ngomong soal Belanda, negara yang satu ini amat terkenal akan budaya bersepedanya. Jika traveler melancong ke sana, akan terlihat orang-orang bersepeda, entah untuk sekadar jalan-jalan, olahraga, bahkan pergi ke tempat kerja.

Menariknya, saking gemarnya orang Belanda bersepeda, jumlah sepeda di sana lebih banyak daripada jumlah penduduk Belanda lho. Dilansir dari AFP, Rabu (11/11/2020) Belanda memiliki sekitar 22,9 juta sepeda sedangkan populasi penduduk berjumlah 17,2 juta jiwa.

Dengan perbandingan 1,3 sepeda per penduduk, Belanda pun menjadi juara dunia dalam hal bersepeda. Kenapa sih bersepeda begitu populer di Negeri Kincir Angin?

Jawabannya karena bersepeda telah menjadi gaya hidup dan orang Belanda mengasosiasikan bersepeda dengan kesejahteraan. Dengan bersepeda, mereka mendapatkan manfaat kesehatan seperti mengurangi stres.

Menurut laporan pada 2019, Belanda menempuh total 17,6 miliar kilometer dengan sepeda. Artinya, setiap orang rata-rata menempuh jarak 3 kilometer dengan sepeda.

Orang Belanda menggunakan sepeda untuk menempuh 28 persen perjalanan mereka. Jumlah ini bahkan lebih besar dari berjalan kaki atau naik transportasi umum.

Uniknya, jumlah itu meningkat menjadi 48 persen perjalanan pada orang-orang yang berusia di bawah 18 tahun.

Tren bersepeda ini rupanya justru lebih banyak dilakukan oleh orang-orang di perkotaan daripada di pedesaan. Jumlahnya lebih dari 40 persen di Utrecht dan Amsterdam.

Meskipun mobil masih menjadi transportasi utama untuk perjalanan jauh, bersepeda menjadi pilihan pertama jika mereka ingin pergi ke suatu tempat yang jaraknya kurang dari 5 kilometer.

Nah, seiring dengan berkembangnya teknologi, beberapa tahun terakhir, orang Belanda mulai lebih banyak menggunakan sepeda listrik. Pada 2019, sepeda listrik mewakili 18 persen dari total perjalanan dan 26 persen dari jumlah kilometer yang ditempuh dengan sepeda di negara itu.

Lansia juga gemar menggunakan sepeda listrik

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA