Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 13 Nov 2020 06:11 WIB

TRAVEL NEWS

Boeing 737 Max Segera Terbang Lagi, Malah Nggak Laku

Keluarga saya tidak akan naik 737 Max, kata mantan teknisi Boeing tentang pesawat yang terlibat dalam dua kecelakaan
Pesawat Boeing 737 Max (Foto: BBC World)
Jakarta -

Pesawat Boeing 737 Max bakal bisa terbang sebentar lagi. Namun, pabrikan Amerika Serikat itu mengalami masalah serius lain, banyak pesawat belum terjual.

Diberitakan CNN, Jumat (13/11/2020) Boeing mengalami masalah keuangan. Keadaannya sekarang jauh lebih buruk daripada masalah keselamatan yang membuat pesawat itu dilarang terbang pada 20 bulan lalu.

Proses sertifikasi ulang B737 Max memakan waktu lebih dari satu tahun. Ini lebih lama dari yang diharapkan Boeing.

"(Prosesnya) harus selesai dalam beberapa hari mendatang," menurut sebuah pernyataan Administrator FAA, Steve Dickson, Senin lalu.

Pengandangan Boeing 737 Max dimulai pada Maret 2019 setelah dua kecelakaan menewaskan 346 orang. Sekarang Boeing sedang bergulat dengan penurunan besar-besaran di industri penerbangan akibat pandemi Covid-19.

Boeing mengumumkan pada Selasa bahwa tidak ada pesanan baru untuk salah satu pesawat komersialnya di bulan Oktober. Pelanggan membatalkan 12 pesanan yang ada untuk jenis B737 Max.

Perusahaan juga menghapus 25 pesanan B737 Max dari backlognya karena ketiadakpastian operator yang akan membelinya.

Di tahun ini, Boeing telah menerima pembatalan sebanyak 460 pesanan pesawat. Sekarang ada 846 pesanan yang tidak pasti dan hampir semua pesanan yang dibatalkan atau tidak pasti itu adalah untuk Boeing 737 Max.

Larangan terbang yang begitu lama juga memungkinkan maskapai untuk membatalkan pesanan mereka tanpa penalti, kata Richard Aboulafia, analis kedirgantaraan untuk Teal Group.

Keadaan ini juga menempatkan maskapai penerbangan dalam posisi yang kuat untuk menegosiasikan ulang harga atas pesanan mereka saat ini. Atau, maskapai bisa nego pembelian di masa depan.

Selanjutnya, pesawat Boeing 737 Max tak bertuan >>>

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA