Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 13 Nov 2020 14:44 WIB

TRAVEL NEWS

Afrika Selatan Bakal Buka Pintu Buat Semua Negara

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Kota Pretoria, Cape Town, dan Bloemfontein di Afrika Selatan
Foto: Ilustrasi Afrika Selatan (CNN)
Cape Town -

Afrika Selatan siap membuka pintu gerbang pariwisatanya buat wisatawan dari semua negara. Tapi belum ada tanggal pasti kapan rencana itu akan terealisasi.

Rencana tersebut diungkapkan langsung oleh Presiden Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa. Dalam pidato nasional yang disiarkan via televisi setempat, dia mengatakan Afrika Selatan akan mengizinkan masuknya pengunjung dari semua negara sebagai upaya untuk meningkatkan sektor pariwisata dan dunia perhotelan.

"Kami juga membuka perjalanan internasional dari semua negara dengan tunduk pada protokol kesehatan yang diperlukan dan penyerahan sertifikat negatif Covid-19," kata Cyril seperti dikutip detikTravel dari Antara, Jumat (13/11/2020).

"Dengan menggunakan rapid test dan pemantauan yang ketat, kami bermaksud membatasi penyebaran infeksi dari kasus luar negeri. Kami berharap langkah-langkah ini akan membantu bisnis sektor pariwisata dan perhotelan,"imbuhnya.

Cyril juga akan memulihkan kembali aturan jam perdagangan normal untuk alkohol di Afrika Selatan. Sebelumnya penjualan alkohol memang dibatasi di negara ini, dengan tujuan mengurangi beban rumah sakit akibat kecelakaan terkait alkohol.

Meski akan membuka kembali gerbang pariwisatanya, namun Cyril mengingatkan kembali tentang potensi kenaikan kasus baru Covid-19 di provinsi Eastern Cape yang mencapai 50% dari pekan sebelumnya.

"Kami juga telah melihat di negara-negara lain bagaimana munculnya kembali Covid-19 dapat menghancurkan harapan untuk pemulihan ekonomi yang cepat," tegas Cyril.

Afrika Selatan sendiri termasuk negara dengan kasus Covid-19 terbanyak di benua Afrika. Saat ini lebih dari 740 ribu kasus positif COVID-19 terjadi di Afsel.

Afrika Selatan memang bergantung pada sektor pariwisata, yang sebelum pandemi menyumbang hampir sembilan persen dari produk domestik bruto dan mempekerjakan lebih dari empat persen tenaga kerja di sana.



Simak Video "Tamunya Positif Corona, Presiden Afrika Selatan Isolasi Mandiri"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA